Tips Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tetap Indah, Sehat, dan Tak Mudah Pudar
Ilustrasi Tips Merawat Rambut yang Diwarnai (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk menunjang penampilan dan kecantikan. Sayangnya, pewarnaan rambut memiliki risiko merusak rambut jika tak dilakukan dengan benar. Tak perlu khawatir, ada tips merawat rambut yang diwarnai agar tetap sehat.

Tips merawat rambut yang diwarnai

Rambut yang sering diwarnai terancam mengalami kering dan mudah patah. Cara itu bisa dihindari asal menerapkan beberapa tips dari penata rambut profesional Diana Hadisuwarno.

Pakai Produk Perawatan

Pertama, gunakanlah produk-produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai.

"Rutin memakai shampo, conditioner, kemudian masker seminggu sekali, dan serum setelah keramas sebelum mengeringkan rambut. Jadi dalam kondisi basah, kita oleskan serum untuk memproteksi rambut dan memberikan nutrisi pada rambut," kata Diana dikutip dari ANTARA, Sabtu, 1 Januari. 

Hindari Pakai Catokan Berlebih

Kedua, jangan terlalu menggunakan alat styling rambut yang terlalu panas seperti catokan. Diana mengatakan, temperatur harus sangat diperhatikan saat menggunakan alat tersebut.

"Kan ada alat catok yang temperaturnya bisa dilihat. Maksimal itu 180 derajat, jangan lebih panas. Apalagi kalau rambut bleach itu lebih rendah lagi yaitu 165 derajat," ujarnya.

Diana mengatakan, penggunaan alat styling yang terlalu panas akan membuat warna rambut cepat pudar. Selain itu, rambut juga akan menjadi kering, kasar, mudah patah, dan bercabang.

Jangan Keramas dengan Air Panas

Ketiga, hindari keramas dengan air panas karena akan membuka kutikula sehingga warna rambut menjadi cepat pudar.

"Jadi kalaupun enggak kuat, pertamanya pakai air hangat, nanti di akhir tutup pakai air dingin. Sebaiknya sih pakai air dingin yang paling bagus," kata Diana.

Jangan Terlalu Sering Cuci Rambut

Terakhir, jangan terlalu sering mencuci rambut karena juga akan membuat rambut cepat kering dan warnanya pudar, terutama rambut yang dicat dengan teknik bleaching.  "Dua hari sekali ok lah. Tapi kalau bisa, untuk warna-warna bleaching yang lebih terang malah aku saranin ke klien untuk lebih jarang (cuci rambut). Kalau enggak tahan, pakai dry shampoo," ujarnya.