Mengenal Gangguan Irama Jantung dan Cara Memeriksanya untuk Antisipasi Kejadian Fatal
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Jantung adalah organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Ada banyak hal yang harus di perhatikan, salah satunya adalah gangguan irama jantung atau aritmia. Aritmia yakni atrial fibrillation sebagai penyebab gangguan kesehatan stroke.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp.JP(K)-FIHA, FAsCC menjelaskan, aritmia merupakan suatu kondisi yang terjadi saat ruang jantung di bagian atas dan di bagian bawah tidak berkoordinasi dengan baik. Hal itu kemudian menyebabkan jantung berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau bahkan tak beraturan.

"Irama jantung bisa tidak teratur dan juga bisa teratur (terlalu cepat atau terlalu lambat). Irama jantung dikatakan normal jika denyutnya teratur dengan laju 40-110 kali per menit," kata dia dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara.

Gejala Gangguan Irama Jantung

Mereka dengan gangguan irama jantung biasanya mengalami sejumlah gejala seperti muncul rasa berdebar, sesak, lemas, pusing, bahkan bisa saja pingsan.

Pemeriksaan nadi mandiri menggunakan jari menjadi rekomendasi dokter untuk menghindari terjadinya atrial fibrillation. Namun tidak semua orang terlatih melakukannya, sehingga mereka disarankan datang ke rumah sakit untuk melakukan check-up EKG 12 lead.

Sony mengatakan, kemampuan bantuan hidup dasar sangat dibutuhkan apabila ada orang-orang di sekitar Anda yang mengalami gejala ini.

Beberapa langkah bantuan ini bisa disingkat dengan "DRSABCD", yang merupakan akronim dari Danger atau cek terlebih dahulu bahaya di sekitar, Response atau cek respon orang yang pingsan, Send for help salah satunya menghubungi ambulans, Airway yakni membebaskan jalan napas, Breathing atau cek pernapasan, CPR apabila tidak ada pergerakan napas dan Defibrillation dipasang sesegera mungkin jika tersedia sembari menunggu ambulans datang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenali Gangguan Irama Jantung dan Pentingnya Pemantauan Secara Berkala.

Selain terkait gangguan irama jantung, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.