10 Pemicu Kekerasan Rumah Tangga Menurut Pakar, Salah Satunya Sering Dilakukan Tanpa Sadar
Ilustrasi KDRT (Pexels/Anete Lusina)

Bagikan:

SURABAYA – Tidak semua kehidupan pernikahan indah. Sayangnya, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih saja terus terjadi. Ada banyak pemicu kekerasan rumah tangga yang selama ini terjadi. Bahkan sebagian pemicu dilakukan tanpa sadar.

Dilansir VOI, 27 September, Komnas Perempuan mengatakan bahwa dalam 5 tahun terakhir ada 36.356 kasus KDRT.  Jumlah tersebut rinciannya adalah pada tahun 2020 tercatat 2.300 kasus. Lalu pada tahun 2019 tercatut 1.419 kasus.

Artinya ada peningkatan sebesar 68 persen selama pandemi. Pada tahun 2021 semester pertama, kasus KDRT yang dilaporkan pada Komnas Perempuan ada 2.500 kasus.

2 Kategori Pemicu Kekerasan Rumah Tangga

Banyaknya kasus tersebut, perlu direspons sebagai antisipasi serta menyebarkan pengetahuan untuk langkah pencegahan. Menurut psikolog dan dosen di Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah, Surabaya, Dewi Mahastuti, S.Psi, M.Si., M.Psi., terdapat 2 kategori yang melatarbelakangi kekerasan dalam rumah tangga, berikut daftarnya.

Faktor Internal

Faktor ini berasal dari dalam diri pelaku kekerasan kepada survivor. Baik dipengaruhi karakter, tingkat emosi, dan pengalaman masa lampau. Menurut Dewi, faktor internal yang memengaruhi seseorang sehingga melakukan kekerasan pada pasangannya antara lain:

1. Pengalaman masa lalu

Menyaksikan kekerasan, yang dilakukan orang tuanya misalnya, bisa memengaruhi seseorang bersikap. Pengalaman masa lalu yang buruk atau mengalami kekerasan juga di masa lalunya juga bisa menjadi pemicu seseorang melakukan kekerasan pada pasangannya.

2. Rasa curiga berlebihan

Kecurigaan yang berlebihan bisa memicu seseorang overthinking, terutama mengenai perilaku pasangannya. Bahkan, meskipun pasangan tidak menyimpan rahasia apapun kecurigaan bisa membuat nota makan siang menghidupkan cerita-cerita dalam kepala.

3. Kecemasan berlebihan

“Seseorang yang merasa cemas berlebih akan tumbuh kekhawatiran tentang kehilangan atau perilaku lain yang dilakukan oleh pasangan sehingga individu posesif pada pasangan,” terang Dewi kepada VOI.

4. Temperamen

Temperamen memengaruhi perbuatan, perasaan, dan pikiran, menurut KBBI. Sedangkan menurut psikologi, temperamen adalah sifat yang memengaruhi seseorang dalam merespons suatu hal. Seseorang yang mempunyai temperamen tinggi, menurut Dewi, akan mudah terpancing emosi dan tersulut marah.

5. Kontrol emosi kurang baik

Emosi meluap-luap dipicu oleh kontrol emosi yang kurang baik. Artinya, karena emosi tidak terkontrol baik menyebabkan seseorang melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal.

Disamping lima faktor internal, berikut 5 faktor dari luar diri yang memengaruhi seseorang melakukan kekerasan bahkan kepada orang terdekat.

Faktor eksternal

1. Perselingkuhan

Sepasang suami istri yang berselingkuh bisa disebabkan tidak ada kecocokan lagi atau untuk menutupi perbuatannya. Perselingkuhan juga bisa jadi salah satu faktor yang mendorong seseorang melakukan kekerasan, baik secara verbal maupun fisik kepada pasangannya.

2. Masalah ekonomi

Faktor ekonomi bisa memicu timbulnya banyak masalah dalam kehidupan rumah tangga.

“Kebutuhan sehari-hari ataupun keinginan yang tidak terpenuhi, serta kecukupan materi yang dirasakan dalam rumah tangga akan banyak memicu pasangan untuk saling menyalahkan dan bertengkar,” lanjut Dewi menenangkan faktor pemicu KDRT.

3. Budaya patriarki

Cara pandang yang menempatkan suami sebagai orang nomer satu dalam rumah tangga tidak akan berefek positif dalam hubungan rumah tangga. Sebab, ungkap Dewi, ini bisa memicu kekerasan dalam rumah tangga apabila tidak disertai kesadaran pada setiap individu.

4. Campur tangan pihak ketiga

Komunikasi yang terganggu bisa dikarenakan campur tangan pihak ketiga. Orang ketiga ini bisa dari keluarga ataupun dari luar lingkungan keluarga.

5. Obat terlarang, judi, dan miras

Menutup penjelasannya, Dewi memaparkan bahwa seseorang bisa lepas kendali karena pengaruh obat-obatan terlarang dan miras. Ini juga bisa memicu seseorang hilang kesadaran dan melakukan kekerasan. Begitu juga dengan judi yang selalu membuat orang ingin memenangkan ‘permainan’.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Pakar, Kekerasan dalam Rumah Tangga Bisa Dipicu 10 Faktor Berikut.

Selain terkait pemicu kekerasan rumah tangga, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.