4 Kebiasaan Penyebab Jerawat Susah Hilang dari Wajah, Salah Satunya Dilakukan Tanpa Sadar
Ilustrasi (Megan Bagshaw-Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Memiliki wajah cantik mulus tanpa jerawat memang idaman semua orang. Namun, jerawat kadang muncul dan bertahan di wajah tanpa ampun. Ada kebiasaan penyebab jerawat susah hilang dari wajah yang akan mengganggu kecantikan Anda.

Untuk menghilangkan jerawat, Ada baiknya menghilangkan kebiasaan buruk penyebab jerawat. Lalu, apa saja kebiasaan tersebut? Melansir HerStory, Kamis, 14 Oktober, berikut paparan selengkapnya.

Sering Cuci Muka

Banyak yang salah kaprah terkait kebiasaan mencuci muka. Ada anggapan mengatakan jika rajin cuci muka bisa membuat wajah bersih dari jerawat. Nyatanya, jika Anda terus menerus cuci muka, maka wajah akan kehilangan minyak alami sehingga mau tak mau kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya. Minyak berlebih merupakan faktor munculnya jerawat.

Menggosok Wajah Terlalu Keras

Jika dianalogikan, menggosok benda yang permukaannya kotor bisa membersihkan permukaannya dengan sempurna. Namun, ini tidak bisa disamakan dengan metode membersihkan wajah. 

Bukannya mengangkat sel kulit mati saat melakukan eksfoliasi, terlalu keras menggosok kulit wajah justru bisa membuat iritasi dan berujung memicu tumbuhnya jerawat. Cukup gosok secara perlahan dengan jari, diiringi pijatan lembut.

Tidak Menyeka Keringat

Saat berkeringat, alangkah baiknya untuk segera diseka dengan tisu bersih. Jika Anda biarkan keringat kering dengan sendirinya, maka penumpukkan sebum dan bakteri bisa terjadi. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan timbullah jerawat.

Makeup Tebal

Jalan ninja menutup jerawat yang sedang bertamu di wajah yaitu dengan menutupinya menggunakan makeup tebal. Padahal, penggunaan makeup hanya akan memperburuk kondisi jerawat. Kulit akan susah bernapas sehingga jerawat pun susah hilang. Jika ingin gunakan makeup, pilih yang full coverage dan pastikan bahan makeup mengandung konsistensi bebas minyak dan non comedogenic.