Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental Adalah dengan Sentuhan Fisik, Begini Penjelasan Pakar
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Mungkin Anda pernah merasakan, saat mendapat pelukan dari orang terkasih maka perasaan akan lebih membaik. Yang semula stres atau tertekan bisa sedikit ringan. Ternyata perasaan tersebut bukan sugesti. Pasalnya salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah lewat sentuhan fisik.

Dari penelitian, sentuhan mampu merangsang saraf vagus yang ada di seluruh bagian tubuh manusia. Saraf ini berfingsi untuk memperlambat sistem saraf.

“Peran utama saraf adalah memperlambat sistem saraf. Saat saraf vagus Anda terangsang akibat sentuhan, maka detak jantung, tekanan darah, dan kadar hormon stres Anda bisa menjadi turun,” kata Tiffany Field, Ph.D., direktur Touch Research Institute di University of Miami Miller School of Medicine, seperti dilansir dari Womantalk, Selasa, 5 Oktober.

Sentuhan Jadi Satu Cara Menjaga Kesehatan Mental

Menurut penelitian yang dilakukan Tiffany, efek sentuhan berdampak besar pada kesehatan. Contohnya, dalam penelitian yang dilakukan pada orang dewasa dengan penyakit seperti AIDS dan kanker, terapi pijat (yang tentu saja memerlukan sentuhan) terbukti meningkatkan sel pembunuh alami, yang menyerang sel bakteri, virus, dan kanker.

Lalu, karena efek sentuhan yang menenangkan, pijatan dapat memperbaiki pola tidur, sehingga memungkinkan penderita menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap restoratif tidur nyenyak.

Sentuhan Membuat Tubuh Lebih Kuat Hadapi Rasa Sakit

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sentuhan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap rasa sakit. Alasannya karena sentuhan dapat meningkatkan kadar oksitosin, yaitu hormon yang bertanggung jawab atas perasaan hangat dan menyenangkan yang terjadi saat Anda berada di sekitar orang yang dicintai. Jadi, itulah mengapa berpelukan dengan pasangan, orangtua, atau sahabat bisa sangat menyenangkan.

Kesimpulannya, sentuhan dalam bentuk apa pun bisa memberikan efek memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan meningkatkan produksi pereda nyeri alami oleh tubuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Pakar, Kesehatan Mental dapat Meningkat dengan Sentuhan Fisik.

Selain terkait cara menjaga kesehatan mental, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.