Jarang Dilakukan, Tak Gunakan Celana Dalam Setelah Berhubungan Seks Ternyata Menyehatkan
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Tak menggunakan celana dalam setelah berhubungan seks ternyata menyehatkan. Mungkin kebiasaan tak mengenakan celana dalam setelah hubungan intim dianggap aneh dan memalukan. Padahal menurut kacamata seks edukasi, hal itu mampu mendatangkan kesehatan, terutama kesehatan organ intim dan tubuh secara keseluruhan.

Tak Pakai Celana Dalam Setelah Berhubungan Seks Menyehatkan Organ Intim

Sara Twogood, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi, melansir dari Womantalk, Kamis, 7 Oktober, memberikan penjelasan secara gamblang.

Menurut Sara, dengan tak mengenakan celana dalam maka akan membantu udara keluar dari vagina dan membiarkannya bernapas. Dengan begitu risiko infeksi ragi atau kondisi gatal lainnya bisa diminimalisir.

Selain itu cobalah untuk buang air kencing mesko kandung kemih Anda belum penuh. Aliran urin akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra. Hal ini penting untuk mengurangi risiko tertular penyakit Infeksi Saluran Kemih atau ISK.

Menjaga Kebersihan Setelah Berhubungan Seks

Terakhir, jangan lupa untuk membasuh dan mengeringkan vagina setelah buang air kecil. Berhubungan seks membuat vagina Anda basah dan berantakan akibat sperma, keringat, dan cairan vagina.

Gunakan handuk atau tisu toilet untuk membersihkannya. Hal ini untuk menghalangi bakteri dan ragi yang bisa berkembang dalam kondisi lembap, sehingga dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi.

“Jika Anda merasa perlu pembersihan yang lebih intens, cuci dengan air biasa dan sabun tanpa pewangi, dan keringkan sampai tuntas. Jangan gunakan sabun wangi karena vagina akan membersihkan dirinya sendiri sehingga Anda tidak perlu melakukan apa pun setelah berhubungan seks untuk membersihkannya,” kata Dr. Sara.

Jika Anda sudah melakukan itu semua dan tidur tanpa celana dalam setelah berhubungan seks, tetapi merasakan gatal, sakit, atau bahkan pendarahan pada vagina, Dr. Sara menyarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter umum atau ginekologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pendapat Ahli, Tidak Menggunakan Celana Dalam Setelah Berhubungan Seks Bermanfaat Bagi Kesehatan.

Selain terkait berhubungan seks, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.