Cara Mencegah Osteoporosis Salah Satunya dengan Menabung Kalsium Sejak Muda, Begini Penjelasan Ahli
Ilustrasi sumber kalsium (Foto: Pixabay)

Bagikan:

SURABAYA - Osteoporosis sering dialami oleh masyarakat yang lanjut usia. Cara mencegah osteoporosis sebenarnya bisa dilakukan sejak dini. Bahkan Anda bisa melakukannya mulai sekarang dengan menabung kalsium dan menjaga kesehatan.

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis rematik dan sendi lulusan Universitas Airlangga, DR. dr. Awalia, Sp.PD-KR, FINASIM menyarankan kepada masyarakat usia 20 tahun hingga awal 30 tahun.

"Usia 20 sampai awal 30 tahun adalah rentang usia pada kondisi puncak massa tulang sehingga sangat disarankan untuk menabung kalsium guna mencegah osteoporosis," jelas Awalia dikutip dari ANTARA, Rabu, 20 Oktober.

Cara Mencegah Osteoporosis

Awalia menilai, cara menabungnya adalah dengan gaya hidup sehat yang berupa olahraga rutin untuk meraih kepadatan tulang. Imbangi juga dengan makanan bergizi, kalsium tinggi, serta vitamin dan mineral untuk pembentukan tulang.

Osteoporosis biasanya menyerang orang dengan usia lanjut, namun usia tidak menjadi satu-satunya faktor penyakit ini. Kurangnya asupan kalsium dan aktivitas fisik juga menjadi faktor utama seseorang mengalami osteoporosis.

Menurut data, diperkirakan 2 dari 5 penduduk Indonesia berisiko terkena osteoporosis yang bersifat tidak bergejala.

Terkait olahraga yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis, Awalia mengatakan, gerakan melatih kekuatan otot dengan menggunakan badan sebagai penopang berat bisa menjadi pilihan. Menurut dia, olahraga seperti ini sangat penting untuk menjaga rangka tubuh dan menaikan massa otot.

"Seiring meningkatnya massa otot maka tulang juga akan terlindungi. Ketika kita memiliki massa otot yang baik maka aktivitas sehari-hari akan ditopang oleh otot sehingga tidak mengurangi kepadatan tulang atau tidak mudah jatuh," tutur Awalia.

Terkait