Hobi Masak dan Bikin Kue? Ketahui  3 Cara Menyimpan Tepung
Ilustrasi cara menyimpan tepung agar awet (Unsplash/Ben McLeod)

Bagikan:

SURABAYA - Tepung jadi salah satu bahan yang cukup penting dalam dunia kuliner, terutama bagi Anda yang hobi masak dan membuat kue pasti sering menyimpannya di dapur. Sayangnya menyimpan tepung tak selalu mudah. Hal itu disebabkan karena teknik penyimpanannya keliru. Lalu, bagaimana cara menyimpan tepung yang benar?

Keahlian menyimpan bahan makanan berhubungan dengan penghematan. Semakin pandai menyimpan bahan makanan, maka semakin sedikit pula bahan dapur yang terbuang sia-sia, sehingga Anda bisa melakukan hobi secara senang. Untuk menyimpan tepung Anda perlu memperhatikan tempat yang tepat, suhu, dan dan sebagainya.

Cara Menyimpan Tepung secara Benar

Menjaga tepung tetap segar sebelum dimasak, dilansir All Recipes, Sabtu, 16 Oktober, artinya bisa memastikan kualitas masakan yang Anda olah nantinya. Supaya tidak tengik dan berkutu, berikut cara menyimpan tepung dengan tepat.

1. Tempatkan tepung di suhu dingin

Suhu hangat hingga panas membuat tepung mudah tengik. Sama seperti cara menyimpan makanan berbahan tepung, disarankan disimpan di tempat yang dingin. Jika freezer masih ada tempat, disarankan menyimpannya di sana. Bisa juga menyimpan tepung di tempat yang sejuk apabila tepung yang disimpan terlampau banyak.

2. Pakai wadah kedap udara

Tepung yang sudah dibuka dari kemasannya, disarankan disimpan dalam wadah kedap udara. Ini karena tepung bersifat menyerap bau, artinya pastikan wadah tidak menyisakan aroma sabun.

Jika disimpan di wadah kedap dan tidak terpapar udara, tepung akan awet lebih lama.

3. Hindari paparan cahaya matahari langsung 

Selain tempat kedap udara, musuh utama tepung adalah cahaya. Cahaya dapat mendorong oksidasi dan menjadikan tepung mudah berbau tengik.

Cara Menyimpan Tepung Putih

Selain cara menyimpan tepat, Anda juga perlu mengetahui kapan perlu membuang stock tepung di rumah. Untuk tepung putih dapat disimpan hingga 3 bulan pada suhu ruangan. Jika disimpan dalam lemari pendingin atau freezer bisa bertahan hingga 2 tahun.

Sedangkan tepung gandum utuh atau tepung gandum lembut bisa disimpan selama 1 bulan pada suhu ruangan. Apabila disimpan pada suhu dingin, tepung gandung bisa bertahan 3 hingga 6 bulan.

Ketika tepung sudah berbau serta dihinggapi serangga, maka Anda perlu membuangnya untuk menjaga kualitas bahan untuk makanan yang akan diolah di rumah.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Cara Menyimpan Tepung agar Awet dan Tidak Berkutu.

Selain terkait cara menyimpan tepung, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.