Kembang Kol: Sayuran yang Cocok untuk Penderita Diabetes karena Mampu Turunkan Glukosa Darah
Kembang kol (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Penderita diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, termasuk sayuran untuk menjaga kesehatan. Anda bisa mempertimbangkan kembang kol untuk menu makan sehari-hari. Kembang kol jadi sayuran yang cocok untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu kandungan kalori pada kembang kol juga rendah, sehingga cocok untuk diet.

Sayuran yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Kembang kol juga bersifat diuretik dan depuratif karena kandungan air dan kaliumnya. Selain itu sayuran ini juga mengandung natrium yang rendah.

Dilansir dari laman Tododisca, orang dengan diabetes cenderung mengumpulkan banyak kadar glukosa dalam darah, karena hormon insulin yang kurang berfungsi atau bahkan tidak berproduksi baik. Insulin merupakan zat yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar glikemia.

Oleh karena itu penderita diabetes harus mengontrol pola makannya untuk menghindari asupan produk yang secara cepat meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan demikian, kembang kol selain menjadi makanan dengan kekuatan antioksidan dan manfaat kesehatan yang besar lainnya, juga cocok untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Ketika seseorang memiliki kadar glukosa darah yang terlalu tinggi, itu disebut hiperglikemia, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kerusakan organ tubuh.

Dalam hal ini, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke organ vital. Oleh karena itu, dapat menyebabkan masalah jantung, penyakit ginjal, stroke atau bahkan gangguan penglihatan.