Berkenalan dengan Cushioning dan Cara Mengatasinya Agar Tak Berujung Pada Sakit Hati
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Bagi sebagian orang, istilah cushioning cukup asing di telinga. Padahal banyak orang yang tanpa sadar terjebak di dalamnya. Cushioning bisa mendatangkan efek negatif yang cukup menyakitkan untuk psikis karena berhubungan dengan perasaan yang terjadi saat Anda menjalin relationship.

Mengenal Apa Itu Cushioning

Mengutip HerWorld, Rabu, 27 Oktober, cushioning adalah suatu keadaan yang membuat seseorang hanya dimanfaatkan sebagai pelarian atau sandaran saja. Perselingkuhan dan pengkhianatan sering Anda terima ketika sedang terjebak dalam hubungan cushioning ini. Lalu bagaimana sikap kita seharusnya agar tidak terjebak di dalamnya?

BACA JUGA:


Bersikap Tegas dan Percaya Diri

Siapapun Anda, jika tidak bisa tegas dalam suatu hubungan dan selalu merasa rendah diri, maka akan rentan terjebak dalam cushioning. Karena banyak orang yang bisa memanfaatkan kelemahan tersebut sehingga membuat Anda banyak dikhianati juga diselingkuhi.

Usahakan Tidak Bergantung Pada Siapapun

Hanya sebagai pelarian dan dimanfaatkan saja membuat Anda harusnya sadar untuk tidak lagi bergantung pada siapapun. Anda harus bisa mandiri, agar tidak sembarangan orang memanfaatkan kelemahan Anda dan mereka jadikan sesuatu untuk melakukan intimidasi.

Jangan Gampang Percaya Orang Terdekat Sekalipun

Cara menghindar dari cushioning yang berikutnya adalah Anda harus selalu menaruh kewaspadaan terhadap orang-orang di sekitar. Memang, berprasangka baik sangatlah dianjurkan, tapi bukan berarti Anda menganggap semua orang yang dekat benar-benar baik. Ada kalanya Anda juga harus berhati-hati agar tidak tertipu.

Harus Senantiasa Belajar Dari Pengalaman

Banyak orang yang terjebak dalam cushioning dan berakhir buruk karena mereka tidak pernah belajar dari pengalaman. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan terus-menerus, karena Anda harus belajar dari pengalaman tersebut agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak disakiti ataupun dimanfaatkan oleh orang lain.

Cara menghindar dari cushioning memang sangat gampang teorinya. Namun, untuk praktik sangatlah sulit sehingga Anda harus berusaha keras untuk itu. Pasalnya memang tidak mudah untuk menjadi orang yang bisa percaya terhadap diri sendiri jika dari kecil yang kita lakukan hanyalah bergantung pada orang lain.