Thailand Bobol Gawang Indonesia 4-0, Shin Tae-yong: Bola Itu Bulat
Pelatih Timnas RI Shin Tae-yong (PSSI)

Bagikan:

SURABAYA - Kabar kurang mengenakkan datang dari dunia sepak bola Tanah Air setelah Timnas Indonesia harus menuai kekalahan saat menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020. Timnas Thailand sendiri berhasil menyarangkan gol ke gawang Timnas RI sebanyak 4-0. Namun, Shin Tae-yong segera merespon kekalahan anak didiknya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa Skuat Garuda belum menyerah. Ia dan timnya akan terus berjuang hingga laga terakhir di leg kedua pada 1 Januari mendatang.

"Bola itu bulat, kami tidak akan menyerah dan kami akan terus berjuang," ucap Shin Tae-yong saat konferensi pers usai laga.

Tim Shin Tae-yong Alami Kekalahan

Dalam pertandinga di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu malam tadi, Indonesia harus menelan kekalahan telak. Pasalnya, Thailand sukses membombardir gawang yang dijaga Nadeo Argawinata empat gol tanpa balas.

Pasukan Gajah Perang mencetak dua gol lewat eksekusi Chanathip Songkrasin, yang membuka keran golnya saat laga baru berjalan dua menit lalu disusul gol kedua saat laga berjalan 52 menit.

Selain brace dari Songkrasin, dua gol Thailand disumbangkan Supachak Sarachat di menit 67 dan Bordn Phala di menit 83. Kekalahan tanpa balas ini jelas jadi pukulan telak bagi Asnawi Mangkualam dkk yang sebelumnya dianggap tampil cukup memukau.

Shin Tae-yong Tetap Berbesar Hati

Kandati menerima kekalahan menyakitkan, Shin Tae-yong tetap berusaha berbesar hati. Sebelumnya pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan ia bisa menerima hasil laga ini dengan ikhlas.

"Saya menerima kekalahan ini dan saya tahu bahwa hampir tidak mungkin untuk comeback dan mengalahkan Thailand di leg kedua," ungkap sang pelatih.

"Apalagi jika kami bermain seperti yang kami lakukan di babak kedua malam ini," jelasnya

Kekalahan 0-4 di leg pertama ini membuat peluang Indonesia untuk bisa meraih gelar juara di Piala AFF 2020 sangat kecil. Sebab, di laga leg kedua nanti Indonesia harus menang dengan selisih lima gol atau setidaknya empat gol agar bisa melanjutkan pertandingan ke waktu tambahan.