Shin Tae-yong Ingin Naturalisasi Kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi, Untuk Apa?
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi. (Instagram/@emil_audero)

Bagikan:

SURABAYA - Indonesia, melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang berusaha menaturalisasi kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi. Langkah tersebut adalah permintaan dari pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong sendiri.

Alasan Naturalisasi Emil Audero Mulyadi

Naturalisasi tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Shin ingin meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

"Pemain dengan kemampuan bagus seperti itu akan menyebarkan budaya sepak bola yang baik, khususnya untuk para penjaga gawang Indonesia," ucap Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis, 3 Maret.

Shin juga tak membantah bahwa kualitas Emil Audero mampu membantu timnasi RI agar berprestasi di kancah internasional. Setidaknya, kedua alasan tersebut yang mendasari keinginan Shin untuk menarik Emil di skuad "Garuda".

Emil Belum Tentu Mau

Shin pun menyerahkan semuanya kepada PSSI untuk mengurus semua hal terkait Emil. Dia pribadi tak bisa memberikan jaminan apakah sang pemain mau menerima tawaran ini.

"Saya pribadi tidak bisa memastikan apakah dia mau dinaturalisasi atau tidak," tutur pria asal Korea Selatan itu.

PSSI kabarnya memprioritaskan Emil sebagai pemain keturunan Indonesia keempat atau terakhir yang dinaturalisasi untuk kepentingan tim nasional. Pembicaraan dengan pemain kelahiran Nusa Tenggara Barat itu pun sudah dilakukan di Italia.

Andai Emil menolak untuk menjadi WNI, PSSI sudah menyiapkan gelandang FC Luzern, Jordy Whermann, untuk mengisi slot terakhir. Sebelumnya, sudah ada tiga nama berposisi bek yang dalam proses pewarganegaraan Indonesia yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Diduga! Ini 2 Alasan Shin Tae-yong Minta PSSI Naturalisasi Kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi.