Ejekan Asnawi kepada Striker Singapura Berujung Teguran Keras Shin Tae-yong, Terancam Tak Dipakai Timnas RI
Ejekan Asanwi kepada striker Singapura (Tangkapan layar kaca)

Bagikan:

SURABAYA - Ejekan Asnawi kepada striker Singapura menuai reaksi dari berbagai pihak, termasuk pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia memberi peringatan sekaligus teguran keras kepada salah satu pemain dalam tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Kronologi Ejekan Asnawi kepada Striker Singapura

Sebelumnya, Asnawi melakukan tindakan yang kurang terpuji saat laga semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Dalam laga semifinal leg kedua yang berlangsung Sabtu, 25 Desember, Asnawi dinilai memberikan ejekan kepada striker Singapura, Faris Ramli yang gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Asnawi terlihat menghampiri dan memegang tubuh Faris. Ia terlihat seolah berterima kasih atas kegagalan tendangan lawan.

Video dan foto Asnawi dengan Faris itu kemudian beredar dan jadi viral di media sosial. Hingga Shin Tae-yong diminta mengemukakan pendapatnya soal momen itu.

Asnawi Dapat Teguran Keras

Juru taktik asal Korea Selatan itu kemudian buka suara dan menyebut tindakan itu seperti mengejek dan tidak terpuji. Apa yang dilakukan Asnawi dianggapnya sama dengan tindakan pemain cadangan Singapura yang melakukan selebrasi ke sisi Indonesia saat gol tercipta pada babak pertama.

Atas tindakan itu, Shin Tae-yong sampai memberi teguran keras dan mengancam tidak akan memanggil lagi Asnawi ke timnas Indonesia apabila mengulang perbuatannya tersebut.

"Saya tidak mengetahui (yang dilakukan Asnawi) itu saat di stadion, tetapi setelah itu saya terkejut ketika melihat videonya," ujar Shin Tae Yong dikutip dari media Korea, Joongang pada Rabu, 29 Desember.

"Setelah makan siang saya memarahi Asnawi. 'Jika hal seperti itu terulang saat saya masih melatih (timnas Indonesia), saya tidak akan memanggil kamu lagi ke tim nasional'," ucap Shin Tae Yong menambahkan.

Asnawi Minta Maaf

Lebih lanjut, menurut Shin Tae-yong apa yang dilakukan Asnawi itu bukan hal yang harusnya terjadi. Ia mengingatkan anak asuhnya bahwa semua orang yang berada di lapangan adalah rekan kerja, jadi para pemain pun harus bersikap dengan baik.

"Semua orang di lapangan adalah mitra kerja, betapa sedihnya pemain itu karena tidak bisa mencetak tendangan penalti. Saya katakan kepada tim, 'Tidak bisa diterima merayakan gol di bench lawan'," kata Shin Tae-yong.

Usai memberi teguran keras kepada Asnawi, Shin Tae-yong mengatakan pemainnya itu mengakui kesalahannya dan berjanji tak akan melakukannya lagi.

Setelah menang di semifinal atas Singapura, timnas melaju ke babak final Piala AFF 2029 yang juga akan digelar dalam dua leg. Di babak penentu ini, Skuat Garuda akan menghadapi Thailand yang digelar pada 29 Desember dan 1 Januari.