Shin Tae-yong Berhasil Membuat Wartawan Hening Selama 4 Detik, Apa yang Terjadi?
Shin Tae-yong (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Tak hanya mampu menyusun taktik sepak bola, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong juga mampu membungkam wartawan yang banyak mewawancarainya.

Kalimat Shin Tae-yong

Kejadian itu terjadi saat ia menemui awak media usai menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada Kamis, 10 Februari. Dari mulutnya, ia mengeluarkan sepenggal kalimat yang mampu membuat belasan wartawan terdiam selama beberapa detik.

”Paling buruk selama saya pegang tim ini karena banyak pemain positif COVID-19. Bahkan saya sendiri pun tidak enak badan,” ujar Shin menjawab pertanyaan terkait persiapan tim nasional untuk Piala AFF U-23 di Kamboja 14-26 Februari.

Wartawan Sempat Hening

Penjelelasan tentang kondisi badannya itu membuat wartawan yang melakukan doorstop hening sesaat sekitar empat detik. Saat melihat reaksi wartawan, Shin pun langsung melakukan gerakan seperti seorang pendekar membuka jurus.

Aksinya yang seolah-olah untuk menyebar virus itu pun langsung mencairkan suasana yang sempat tegang. Tawa riuh dari wartawan pun langsung pecah.

Timnas Batal ke Piala AFF U-23

Tim nasional Indonesia akhirnya urung berangkat ke kompetisi kelompok umur tersebut. Menurut keterangan yang diberikan oleh induk sepak bola nasional (PSSI) ada dua alasan mendasar yang membuat skuad Garuda batal ke Piala AFF U-23.

Pertama ada tujuh pemain dan satu ofisial yang positif COVID-19. Tujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. 

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena sempat satu kamar dengan mereka yang terpapar. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Kemudian alasan kedua, ada tiga pemain yang mengalami cedera. Mereka adalah Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. 

Pembatalan Keikutsertaan Timnas

Tiga pemain yang mengalami cedera itu saat memperkuat klubnya masing-masing di Liga 1 Indonesia. Mereka saat ini sedang dalam masa pemulihan.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.