Cari Solusi Kulit Kering? Pilih Skincare yang mengandung Polyglutamic Acid
Ilustrasi manfaat, fungsi, dan perbedaan polyglutamic acid vs hyaluronic acid (Unsplash/Mathilde Langevin)

Bagikan:

SURABAYA - Banyak cara menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, salah satunya adalah dengan skincare. Teruntuk Anda yang ingin mengatasi kulit kering, cobalah memilih skincare yang mengandung polyglutamic acid. Lalu, apa itu polyglutamic acid?

Mengenal polyglutamic acid

Kulit kering bisa disebabkan karena banyak faktor, mulai dari faktor usia hingga faktor alam. Untuk mengatasinya, polyglutamic acid atau asam poliglutamat bisa jadi jawaban.

Renee Lapono, ahli perawatan kulit wajah dilansir Vogue, Senin, 6 Desember, menjelaskan bahwa asam poliglutamat bisa jadi kunci untuk menjaga kelembapan kulit lima kali lebih ampuh dibanding asam hialuronat atau hyaluronat acid.

Polyglutamic acid menghambat produksi hyaluronidase

Polyglutamic acid sendiri berasal dari natt, makanan Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai. Sebagai peptida, asam poliglutamat mampu menghambat produksi hyaluronidase. Hyaluronidase adalah enzim yang memecah asam hialuronat alami kulit seiring bertambahnya usia dan menyebabkan kelembapan kulit menurun.

Asam poliglutamat terdiri dari molekul besar yang mampu membentuk lapisan tipis di permukaan kulit. Lapisan itu yang membantu kulit menahan air dan mendorong proses pelembap alami kulit. Zat tersebut juga mampu menyamarkan garis-garis halus dan mencerahkan kulit, tambah Lapino.

Cara menggunakan asam poliglutamat

Dokter kulit Sam Bunting, memberikan tambahan bahwa asam poliglutamat bukan menggantikan bahan yang ada sebelumnya, seperti asam hialuronat dan retinol. Asam poliglutamat ialah tambahan yang bagus menghidrasi kulit dan bisa bekerja secara efektif dengan vitamin C.

Saran Lapino, produk skincare dengan kandungan tunggal asam poliglutamat perlu dipakai terakhir. Apabila Anda memakai beberapa jenis serum, pakai ini yang terakhir ya.

Kata Lapino, setelah dibersihkan, oleskan produk dengan asam hialuronat untuk menghidrasi dan menyangga antioksidan seperti vitamin C. Atau mengenakan serum pengelupasan kulit dengan asam glikotat, setelah meresap sempurna, baru kenakan serum polyglutamic acid dan ditutup dengan krim mengandung SPF untuk rutinitas pagi Anda.