Tarif Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2022, Jika Begini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Mudik tahun ini diperbolehkan Pemerintah. Sejumlah persiapan dilakukan, termasuk terkait jalan tol yang akan dilewati pemudik. Yang menarik adalah adanya pernyataan bahwa tarif tol gratis dengan catatan tertentu.

Tarif Tol Gratis

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa akan ada penggratisan tol jika saat momen lebaran terjadi kemacetan di jalur tol. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi dari tingginya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

"Itu sudah ada kesepakatan, kalau macet di gerbang tol lebih 1 km, itu bebas (gratis)," katanya kepada wartawan, di Jakarta, dikutip Kamis, 21 April.

Menuntut Pengelola Tol

Budi menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya dari pemerintah untuk mempersiapkan pengelola tol untuk bekerja optimal. Artinya, tidak ada kompensasi kepada pengelola tol.

"Jadi ini adalah suatu cara kita untuk menuntut para pengelola tol bekerja baik, kalau bekerja baik tidak akan macet," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi juga mengatakan pihaknya akan membentuk posko mudik Lebaran 2022 untuk memantau perkembangan arus mudik dan arus balik..

"Kami nanti ikut mendukung, kalau mau mengikuti perkembangan mudik, kita punya posko, kita akan update sehari dua kali perkembangan itu," katanya.

Lokasi Tol Gratis

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa tol mana saja yang akan digratiskan tergantung kepada kepolisian.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan memberikan kebebasan penuh kepolisian untuk menentukan tol mana saja yang digratiskan.

"Itu diskresi kepolisian. Jadi kalau polisi merasa sudah ini (macet), mungkin polisi akan (membebaskan tol untuk memperlancar). Jadi itu (diskresi) kepolisian," ucapnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menhub Budi Bawa Kabar Gembira, Tarif Tol Bakal Digratiskan Jika Macet Lebih dari 1 Km saat Mudik Lebaran 2022.