Mudik Lebaran 2022: Pantau Jalur di Tol Ngawi, Irwasum Polri Minta Masyarakat Antisipasi Kemacetan
Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto bersama jajaran meninjau kesiapan jalur mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (FOTO ANTARA/Louis Rika)

Bagikan:

SURABAYA - Jelang mudik Lebaran 2022, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto melakukan pemantauan situasi di jalan tol Trans Jawa Ruas Ngawi - Solo. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran tahun 2022 yang aman dan lancar.

Pemantauan sendiri dilakukan tepatnya di area istirahat Tol Ngawi-Solo kilometer 575 masuk Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pantauan Mudik Lebaran 2022

Berdasarkan pantauan tersebut, Irwasum minta agar masyarakat dan anggota Polri tegakkan prokes meski telah divaksin agar tak terjadi lonjakan kasus COVID-19 setelah mudik dan balik Lebaran 2022.

"Tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan mudik Lebaran. Hal yang terpenting dalam hal ini adalah tetap jaga prokes dan patuhi semua rambu lalu lintas saat berkendara, baik di jalan tol maupun biasa," katanya dilansir Antara, Kamis, 28 April.

Menurut dia, berdasarkan hasil pantauan, sejauh ini jalur mudik mulai arah Surabaya hingga Jakarta dan sebaliknya tergolong lancar. Pemantauan di antaranya dilakukan di titik bandara, persimpangan Mengkreng Kediri untuk jalur arteri, dan jalan tol ruas Ngawi Solo.

Antisipasi Kemacetan

Kepolisian memprediksi peningkatan volume kendaraan mulai terjadi pada Jumat (29/4) seiring memasuki masa libur cuti bersama Lebaran 2022.

Komjen Budi juga meminta pemudik yang pulang kampung mengantisipasi kemacetan, utamanya di jalur arteri dan memanfaatkan area istirahat di jalur tol.

Kondisi kemacetan tersebut berpotensi terjadi mengingat animo masyarakat untuk melakukan perjalan mudik tahun 2022 cukup tinggi setelah dua tahun sebelumnya dilarang mudik saat lebaran akibat pandemi COVID-19.