Nama Anies dan Ganjar DIusulkan Jadi Capres dari NasDem 2024, Surya Paloh: Kita Lihat Nanti
Ganjar Pranowo (Wardhany T/VOI)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang Pemilu 2024, banyak DPW NasDem yang mengusulkan nama Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres dari NasDem 2024.

Tanggapan Baik Capres dari NasDem 2024

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai NasDen Surya Paloh menyambut baik aspirasi DPR di seluruh Indonesia. 

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar Kamis, nama Anies dan Ganjar banyak diusulkan oleh kader NasDem. Partai NasDem sendiri tak membuka konvensi capres. Namun, setiap DPW dibolehkan memilih 3 nama yang ingin diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Nantinya 3 nama teratas akan ditentukan satu untuk diusung sebagai capres.

"Cukup positif dari aspirasi yang ada daripada peserta Rakernas ini. Tapi pada waktunya besok malam akan diumumkan siapa saja," ujar Surya Paloh di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 16 Juni. 

Belum Tentu Diusung

Kendati demikian, Surya mengatakan, pemilik voting tertinggi belum tentu diusung sebagai capres NasDem. Pasalnya, nama tersebut masih akan dipertimbangkan kembali saat nantinya NasDem bergabung dengan koalisi. 

"Belum tentu. Karena pada dasarnya pembobotan yang kita lakukan itu sama, siapapun itu," katanya. 

Surya menuturkan, NasDem belum mempertimbangkan nama-nama internal untuk dimajukan pada Pilpres. Sama seperti penentuan Anies atau Ganjar, Surya meminta semua pihak menunggu keputusan Rakernas.

"Kita lihat nanti," sebutnya. 

Belum Ada Pembicaraan Serius

Sejauh ini, kata Surya, pihaknya belum membicarakan serius soal pencapresan dengan tokoh-tokoh yang namanya muncul di Rakernas NasDem. Meskipun, ada rencana akan menemui pihak-pihak yang disebut. 

"Memang wacananya ada, belum pernah diantara seperti ini. Mungkin setelah besok diumumkan sekalian lihat. Lalu saya pikirkan apa yang positif. Next time ada semacam perspektif yang lebih luas dari diskusi NasDem memberikan penekanan aspek kualitas dan responsibility serta leadership yang mumpuni," jelasnya. 

"Insyaallah kalau besok diumumkan siapapun itu kita lihat waktu yang baik (untuk komunikasi)," tandasnya.

Banyak Usulkan Ganjar Pranowo

Diketahui, sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem mengusulkan nama calon presiden dalam Rakernas NasDem di JCC Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis, 16 Juni. 

Mayoritas mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain dua nama tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa paling banyak disebut.

Empat Nama dari NasDem

Dari 34 DPW yang hadir, nama Anies Baswedan diusulkan oleh 31 DPW. Suara untuk Ganjar juga hanya selisih sedikit dengan Anies, yakni 29 DPW. Sementara nama Erick diusulkan lebih dari 15 DPW dan Andika lebih dari 10 DPW.

Selain empat nama tersebut, nama capres usulan daerah yang banyak disebut yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Sementara dari kader internal NasDem yang banyak disebut di antaranya Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moeridjat, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.