Pilgub Jatim 2024: Lembaga Survei Sebut Elektabilitas Eri Cahyadi Tinggi
Eri Cahyadi di kantor DPC PDIP Surabaya (ANTARA/HO-PDIP Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Elektabilitas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi disebut cukup tinggi, sehingga ia digadang-gadang layak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2024. Hal ini diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga survei Poltracking Indonesia terkait Pilgub Jatim 2024.

"Dari hasil survei, Eri Cahyadi elektabilitasnya tinggi, baik posisi calon gubernur maupun wakil gubernur," jelas Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam keterangan pers tertulis dikutip Antara, Rabu, 22 Juni.

Pilgub Jatim 2024

Berdasarkan hasil survei yang khusus memotret wilayah Jawa Timur pada periode 16-22 Mei 2022 itu, nama Eri Cahyadi menyalip nama-nama yang sudah lebih dulu populer.

Untuk calon gubernur, nama Eri Cahyadi bertengger di posisi ketiga di bawah Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini.

Setelah Eri baru disusul nama Emil Elestianto Dardak, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Abdul Halim Iskandar, dan sejumlah nama kepala daerah lainnya di Jatim.

"Untuk Bu Khofifah elektabilitasnya 39,8 persen. Lalu Bu Risma 19,5 persen, Mas Eri Cahyadi 9,6 persen, Mas Emil 9,2 persen, Gus Ipul 5,8 persen, Abdul Halim Iskandar 1,1 persen. Kemudian ada nama-nama tokoh di Jawa Timur lainnya di bawah 1 persen," ucapnya.

Elektabilitas Sejumlah Nama 

Untuk elektabilitas calon Wakil Gubernur Jatim yang paling tinggi adalah Emil Elestianto Dardak dengan angka 28,0 persen, lalu disusul Eri Cahyadi 13,2 persen.

Di bawah Emil dan Eri, ada sejumlah tokoh di antaranya Ketua Golkar Jatim Sarmuji 3,4 persen, Bupati Lumajang Thoriqul Haq 3,1 persen, Anggota DPR RI Bambang DH 3,1 persen, Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad 3,1 persen, mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas 2,7 persen, dan anggota DPR Said Abdullah 2 persen.

Sementara itu, survei yang dilakukan di Jatim dilakukan pada 16 Mei 2022 hingga 22 Mei 2022 dengan jumlah sampel responden sebanyak 1.000 orang. Ada pun margin of error kurang lebih 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.