Proyek Pembangunan Bandara Kediri: Pemkab Bakal Perlebar Jalan dan Bangun Jembatan Jongbiru
Rencana pembangunan Jembatan Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. ANTARA/HO-Kominfo Kabupaten Kediri

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Kediri akan memperlebar jalan di area penghubung antara Kabupaten Kediri dan Kota Kediri, Jawa Timur. Hal itu dilakukan sebagai salag satu penunjang proyek pembangunan Bandara Kediri.

Proyek Pembangunan Bandara Kediri

PPTK Kegiatan Pengadaan Tanah Dinas PUPR Kabupaten Kediri Agus Sudarmadi menjelaskan, pelebaran jalan akan dilakukan di kawasan perencanaan Jembatan Jongbiru. Pelebaran akan direalisasikan tahun 2023.

"Saat ini kami sedang dalam tahapan persiapan, melakukan sosialisasi rencana pengadaan tanah untuk pembangunan akses Jembatan Jongbiru ini," kata Agus di Kediri, Jawa Timur, Minggu 26 Juni.

Rencana pembangunan Jembatan Jongbiru yang bakal berdiri di Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri ini, sesuai dengan program dari Pemkab Kediri.

Prioritas Jembatan 

Agus mengatakan, pemerintah telah memprioritaskan dua jembatan penghubung wilayah yakni Jembatan Ngadi dan Jongbiru. Pembangunan dilakukan dilakukan karena urgensinya yang tinggi.

Agus mengatakan, sesuai dengan arahan Bupati Kediri pemerintah berharap dengan pembangunan berdampak positif. Jembatan tersebut memiliki nilai konektivitas sehingga sangat mendukung sarana transportasi.

Dilakukan Sosialisasi

Agus juga mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri akan menjalankan beberapa kegiatan yakni sosialisasi, antara lain pendataan awal warga terdampak, kemudian konsultasi publik.

"Dari kegiatan tersebut tim persiapan pengadaan tanah ini akan menetapkan lokasi pelebaran jalan. Penerbitan penetapan lokasi ini kita targetkan akhir Juli sudah keluar," kata Agus.

Agus berharap proses persiapan pengadaan tanah ini segera selesai tepat sasaran dan sesuai aturan yang ada. Untuk luas tanah yang rencananya masuk dalam proyeksi ini seluas 1.560 meter persegi.

Warga Terdampak

Unsi (58), salah seorang warga Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri ini mengatakan selama terputusnya jembatan ini, sangat berdampak dengan usahanya. Kini, omzet usahanya hampir 90 persen mengalami penurunan.

"Semoga ke depan dengan adanya pembangunan jembatan ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar," tandasnya.