Tinjau Bandara Dhoho Kediri, Luhut: Sudah Mengalami Banyak Kemajuan
Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri depan) saat meninjau progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur, Senin 26 April. (Foto Dok. Kemenko Marves)

Bagikan:

KEDIRI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur. Dalam kunjungannya, ia berharap agar pembangunan bisa selesai tepat waktu.

"Saya harap proyek ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyarakat, dan selesai tepat waktu pada pertengahan tahun 2023," kata Luhut, dikutip dari Antara, Selasa 27 April.

Bandara Dhoho Kediri Jadi Harapan Baru

Dalam kunjungannya, Luhut Pandjaitan didampingi oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, direksi PT Gudang Garam Istata Aswin Sidarta beserta perwakilan dari PT Surya Dhoho Investama (SDHI).

"Saya lihat pembangunan Bandara Kediri sudah mengalami banyak kemajuan. Bupati Kediri sudah melaporkan progres pembangunan, jalan sudah dibuat, sebagian lahan juga telah dibuka," kata Luhut.

Berdasarkan keterangan dari PT Gudang Garam Tbk yang menjadi investor Bandara Udara Kediri, bandara tersebut diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dan menumbuhkan ekonomi di Kediri dan sekitarnya. Saat ini pembangunan telah berada di tahap penyiapan lahan.

Bandara Kediri dibangun dengan luas 317 hektare dan melintasi beberapa desa di sekitarnya. Bandara tersebut jadi harapan bagi Kediri karena menjadi alternatif pintu masuk ke Jawa Timur. Dengan adanya bandara, mobilitas warga sekitar diharapkan meningkat.

"Bandara ini direncanakan menjadi bandara internasional, sehingga pusat untuk haji dan umrah dapat dibagi ke dua bandara, tidak hanya bandara di Surabaya," terang Luhut.

Luhut juga mengatakan bahwa bandara Kediri jadicara untuk meningkatkan konektivitas wilayah Selatan di Jawa Timur.

Selain terkait bandara Dhoho Kediri, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.