Terkait Pengganti Tjahjo Kumolo, Mahfud MD Sebut Sudah Ada di Kantong Presiden Jokowi
Tjahjo Kumolo (BPMI Setpres/Rusman)

Bagikan:

SURABAYA - Terkait pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa sudah ada di kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengganti Tjahjo Kumolo

Namun, karena suasana masih dalam duka, pengganti MenPANRB belum diumumkan ke publik. 

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu bela sungkawa," kata Mahfud MD dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 4 Juli.

Mahfud MD menilai, Presiden sudah punya penilaian sendiri terkait siapa sosok yang tepat. Sehingga ia tak mau banyak bicara tentang siapa tokoh yang kemungkinan menggantikan Tjahjo.

Hak Prerogatif Presiden

Apalagi, pengangkatan menteri di Kabinet Indonesia Maju menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Saya tak punya preferensi penilaian apapun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Pak Tjahjo Kumolo," tegasnya.

"Saya yakin bahwa presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri untuk diangkat berdasar hak prerogatif presiden," sambung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Meninggalnya Tjahjo Kumolo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat pada Jumat, 1 Juli sekitar pukul 11.10 WIB.

Menurut penuturan pihak keluarga, Tjahjo mengalami infeksi di perut yang kemudian menjalar ke organ lain seperti paru-paru, ginjal, hingga liver.

Dia meninggal dunia setelah dirawat intensif selama 13 hari. Dokter yang menanganinya pun berasal dari tiga rumah sakit yaitu RS Abdi Waluyo, RS Harapan Kita, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.