Ahok Ditunjuk Jadi Menteri Perdagangan yang Baru? Cek Faktanya Dulu
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Belum lama ini beredar sebuah video yang diunggah dengan narasi serta thumbnail yang menjelaskan adanya penunjukkan Menteri perdagangan yang baru. Dalam penunjukan tersebut, nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jadi kandidatnya.

Adapun narasi video tersebut bertuliskan “viral ~ Jokowi tunjuk ahok menteri perdagang4n disingkirk4n dari istana”. Namun, benarkah kabar tersebut?

Ahok Jadi Menteri Perdagangan yang Baru

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Minggu (31/7/2022), setelah video tersebut diputar, hal yang disampaikan bukanlah informasi terkait ditetapkannya Ahok sebagai Menteri Perdagangan, tetapi video tersebut hanya berisi potongan video dari beberapa video yang menjelaskan tentang kinerja Ahok serta beberapa kritikan, dan wawancara yang melibatkan Ahok.

Selain itu, melansir dari situs kompas, memang benar adanya penggantian Menteri Perdagangan pada kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dengan mencopot secara resmi Muhammad Lutfi dari jabatan sebagai Menteri Perdagangan.

Mendag Diisi Zulkifli Hasan

Dan melansir dari setkab.go.id, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, ada dua menteri yang dilantik ialah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan serta Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Ahok ditetapkan sebagai Menteri Perdagangan Baru pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.