Presiden Tunjuk Ahok untuk Gantikan Anies Baswedan Sebagai Plt Gubernur DKI, Benarkah? Cek Faktanya
Tangkapa Layar (Foto DOK Turnbackhoax)

Bagikan:

SURABAYA - Beredar sebuah postingan di media sosial yang mengatakan bahwa ada penggantian Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Dalam unggahan akun Youtube RODA POLITIK dikatakan bahwa Presiden Jokowi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama untuk menggantikan Anies Baswedan sebagai Plt Gubernur DKI.

Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI,” demikian judul dari RODA POLITIK dilansir dari turnbackhoax, Senin, 22 November. 

Benarkah Penunjukkan Ahok?

Berdasarkan video yang beredar ditampilkan hasil wawancara Presiden Joko Widodo membicarakan calon gubernur ibu kota. Video tersebut memang memiliki judul yang memancing hingga ditonton lebih dari 10 ribu kali.

Namun setelah ada penelusuran terkait kebenaran klaim dalam judul yang ditampilkan, ternyata ditemukan adanya kekeliruan.

"Presiden Jokowi ternyata tidak pernah menunjuk Ahok menjadi gubernur PLT DKI Jakarta," tulis turnbackhoax.

Isi Video

Walaupun ada menyebutkan nama Ahok sebagai gubernur, ternyata hasil wawancara ini bukan membahas tentang PLT Gubernur DKI Jakarta, namun membahas tentang calon kepala otoritas ibukota negara baru.

“Untuk Badan Otoritas Ibu Kota Negara, ini memang kami akan segara tandatangani perpres di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini,” kata Jokowi.

Wawancara dilakukan pada 4 Maret 2020 lalu. Presiden Joko Widodo memberikan 4 nama yang akan menduduki jabatan kepala otoritas ibu kota negara baru di Kalimantan. Nama-nama tersebut yaitu, Basuki Tjahaja Purnama, Azwar Anas, Bambang Brodjonegoro dan Tumiyana.

Tak Ada Pernyataan Resmi

Di dalam video juga tidak ada memperlihatkan pernyataan resmi dari pihak manapun terkait Plt Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi dapat disimpulkan bahwa video dengan judul yang mengklaim Ahok telah ditunjuk sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta merupakan informasi hoaks kategori konten yang dimanipulasi," demikian turnbackhoax.