5 Rekomendasi Minyak Esensial Non-Comedogenic, Skincare untuk Kulit Wajah Berminyak
Minyak esensial yang bermanfaat sebagai pelembap non-comedogenic bisa jadi skincare untuk kulit wajah berminyak (Unplash/Kelly Sikkema)

Bagikan:

SURABAYA - Bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, dermatologis menyarankan untuk tidak menggunakan skincare yang mengandung minyak. Namun ada rekomendasi pelembab dengan tekstur dan berbahan minyak yang bersifat non-comedogenic. Skincare untuk tipe kulit wajah berminyak tersebut bisa jadi pilihan menjaga kecantikan Anda.

Skincare untuk Kulit Wajah Berminyak

Minyak non-cemedogenic akan membantu Anda menjaga agar kulit tetap kenyal dan tak berjerawat. Minyak rekomendasi ini tidak menyumbat pori-pori, dengan begitu kulit tetap bisa bernapas, tetap terhidrasi, dan mencegah datangnya jerawat.

Beberapa minyak non-comedogenic juga bersifat anti-inflamasi. Minyak non-comedogenic, sering digunakan sebagai bahan dalam produk seperti pelembap dank rim kulit. Beberapa dapat dioleskan langsung, atau digunakan dengan minyak pembawa atau carrier oil.

1. Minyak biji anggur atau grapeseed

Minyak biji anggur bervariasi warnanya berdasarkan jenis anggur yang digunakan. Minyak ini tinggi mengandung anti oksidan, asam linoleat, dan vitamin E. Melansir Healthline, Senin, 8 Agustus, minyak biji anggur juga bermanfaat dalam perawatan luka.

2. Minyak biji rami

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, bisa memanfaatkan minyak biji rami. Minyak ini bersifat non-comedogenic sehingga tak menyebabkan jerawat. Di samping manfaat tersebut, minyak biji rami dapat mengurangi gejala dermatitis atopik dan mengandung vitamin C, E, serta asam lemak esensial.

3. Minyak biji bunga matahari

Sunflower seed oil, bertekstur ringan dan dapat digunakan secara efektif sebagai minyak carrier. Selain juga tinggi beta-karoten, vitamin , dan asam lemak yang baik untuk melindungi kulit. Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa penggunaan topikal minyak biji bunga matahari efektif meningkatkan perlindungan pada kulit bayi.

4. Minyak almond

Minyak almond beraroma lembut dan teksturnya ringan yang kaya akan asam lemak. Sebuah studi menunjukkan bahwa pelembap yang mengandung minyak almond dapat secara efektif mengurangi dermatitis pada tangan. Bahkan, minyak almond juga baik mengurangi gejala psoriasis.

5. Minyak nimba

Dikenal juga dengan neem oil, minyak nimbat baunya menyengat dan kaya akan anti oksidan. Dalam pengobatan Ayurveda dan Cina, minyak ini dipakai untuk anti bakteri dan anti jamur sehingga efektif untuk perawatan luka. Selain itu, juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat.

Apakah dalam skincare Anda ada yang mengandung kelima minyak non-comedogenic di atas?