Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan: Arab dan Latin, Artinya, Waktu Terbaik Baca Doa Buka Puasa, hingga Keutamaannya
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

Sebentar lagi umat Islam akan merayakan ibadah puasa Ramadan 2021 yang jatuh di bulan April 2021. Pemerintah memang belum menentukan tanggal puasa pertama. Namun, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa tahun 2021 akan jatuh pada tanggal 13 April. Tak ada salahnya untuk mengingat kembali doa buka puasa agar dapat diamalkan di kemudian hari.

Patut diketahui, Puasa Ramadan adalah kegiatan menahan diri dari berbagai hal yang membatalkannya dari mulai waktu imsak hingga matahari terbenam atau sesaat sebelum ibadah maghrib.

Sebelum berbuka puasa, alangkah baiknya membaca doa terlebih dahulu. Berikut doa buka puasa yang dianjurkan.

Doa Buka Puasa Ramadan

Ada beberapa versi doa buka puasa yang kerap diamalkan masyrakat di Indonesia. Namun, umumnya doa tersebut seperti yang telah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Berikut bacaan doa buka puasa ramadan dan artinya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

 

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Artinya:

"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Selain doa di atas, ada pula doa buka puasa yang jadi sunah Nabi Muhammad SAW. Doa ini diucapkan oleh Rasulullah SAW sesaat sebelum berbuka puasa.

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، اَللَّهُمَّ تَقَبَّل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ

 

Allahumma Laka Shumna wa ala Rizqika Aftharna, Allahumma Taqabbal Minna Innaka Antas Samiul ‘Alim

Artinya:

"Ya Allah , untuk-Mu atau karena-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

Waktu Terbaik untuk Membaca Doa Buka Puasa

Waktu terbaik saat membaca doa buka puasa ternyata cukup unik. Jika doa-doa lain diucap sebelum melakukan aktivitas tertentu, doa ini ternyata diucap setelah berbuka puasa. Meski demikian doa ini tetap membawa nilai sunnah meski diucap sebelum buka puasa.

Dikutip dari situs resmi Nahdatul Ulama, Ustaz M. Ali Zainal Abidin yang merupakan seorang pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining Rambipuji, Jember, Jawa Timur, menjelaskan bahwa doa buka puasa sebaiknya dilakukan setelah berbuka selesai.

ـ (وقوله: عقب الفطر) أي عقب ما يحصل به الفطر، لا قبله، ولا عنده

 

 “Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,” (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Keutamaan Membaca Doa Buka Puasa

Dalam Islam, doa berbuka puasa memang sangat dianjurkan untuk dibaca. Bahkan, Rasulullah pernah bersabda terkait doa buka puasa, yakni sebagai berikut.

"Rasulullah bersabda, Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa itu punya doa yang tidak tertolak saat ia berbuka.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dikatakan hasan oleh an-Nawawi).

Namun patut diketahui pula bahwa doa seseorang yang diucap selama puasa Ramadhan adalah waktu mustajabah. Hal itu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi dan Thabrani; hasan)

Selain informasi terkait doa buka puasa Ramadhan, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.