Menilik Stok Kebutuhan Pokok di Kabupaten Probolinggo
Ilustrasi stok kebutuhan pokok (ppid.probolinggokota.go.id)

Bagikan:

Probolinggo – Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi memaparkan stok beberapa kebutuhan pokok di Probolinggo. Kebutuhan pokok yang dijelaskan mulai dari beras, gas, BBM, hingga gula pasir.

Stok Beras di Probolinggo

Susilo Isnadi mengatakan, stok beras di Bulog Probolinggo, Jawa Timur, per April 2021 sejumlah 13.465 ton. Jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan beras masyarakat hingga bulan April 2022.

"Selain itu, Bulog melakukan penyerapan beras per 8 April 2021 sebanyak 5,143 ton, sehingga stok beras sangat aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat," ujar Susilo, dikutip dari Antara, Kamis, 15 April.

Angka tersebut didapat dari laporan hasil rapat koordinasi/High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Probolinggo.

"Rapat koordinasi itu bertujuan dalam rangka upaya pengendalian inflasi daerah dan antisipasi ketersediaan, keterjangkauan harga serta kelancaran distribusi bahan pokok dan barang strategis lainnya pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam situasi pandemi," paparnya.

Stok Kebutuhan Pokok di Probolinggo

Sedangkan untuk stok gas elpiji 3 kilogram bersubsidi juga masih cukup selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami juga sudah mempunyai langkah untuk mengajukan kuota tambahan sebagai antisipasi jika nanti terjadi kekurangan elpiji 3 kilogram bersubsidi," katanya.

Susilo mengatakan, stok BBM untuk kendaraan bermotor di Probolinggo juga disebut cukup. Bahkan pihaknya telah mengajukan kuota cadangan.

"Jika nanti dibutuhkan, kuota cadangan itu baru dikeluarkan, tetapi karena masih masa pandemi COVID-19, saya yakin tidak akan memakai kuota cadangan karena tidak ada mudik Lebaran," tuturnya.

Yang justru menjadi kekhawatiran adalah stok gula pasir di Kabupaten Probolinggo. Di Pabrik Gula Wonolangan stok masih tersedia 400 ton, sayangnya stok tersebut sudah dipesan oleh pihak lain.

"Itu yang menjadi perhatian karena gula menjadi kebutuhan pokok, terutama di bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah," ujarnya.

Untuk stok daging ayam dan telur ayam ras masih aman lantaran stok masih cukup. Yang sedikit bergejolak adalah stok cabai rawtit yang harganya menyentuh angka tinggi, namun saat ini masih cenderung stabil yakni Rp45 ribu per kilogram.

Selain terkait stok kebutuhan bahan pokok di Probolinggo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.