Negara yang Memiliki Tradisi Mudik Selain Indonesia, Salah Satunya Sedang Diserang COVID-19 Parah
ILUSTRASI MUDIK (DOK ANTARA)

Bagikan:

Surabaya – Tradisi mudik memang telah mengakar kuat di benak masyarakat Indonesia. Sayangnya trandisi mudik 2021 terpaksa ditiadakan mengingat pandemi COVID-19 masih melanda. Di luar hal tersebut, tahukah Anda bahwa selain Indonesia ada negara lain yang punya tradisi serupa?

Malaysia

Negara Malaysia memang memiliki beberapa tradisi yang serupa, salah satunya tradisi mudik atau pulang kampung. Di negara tersebut istilah mudik disebut dnegan "balek kampung". Tradisi tersebut dilakukan seminggu sebelum Idul Fitri. Seperti Indonesia, besar kemungkinan pemerintah Malaysia akan melarang tradisi tersebut.

BACA JUGA:


Arab Saudi

Negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam ini juga punya tradisi yang mirip dengan mudik di Indonesia. Biasanya, masing-masing daerah akan menggelar festival semeriah mungkin untuk menyambut tamu yang hadir.

Turki

Negara ini juga memiliki jumlah penduduk Muslim yang cukup tinggi. Saat Idul Fitri atau saat libur, para perantau akan pulang kampung dan bersilaturahmi dengan warga. Mereka akan mengucap Bayraminiz Mubarek Olsun yang berarti selamat berlibur!

India

Negara India juga memiliki tradisi pulang kampung yang menyerupai Indonesia. Para perantau pulang menggunakan transportasi kereta api. Bahkan, mereka rela naik di atap kereta api demi sampai di tujuan mereka. Sayangnya negara India tengah diserang COVID-19 yang cukup parah. Akibatnya, ruangan, tempat tidur, obat-obatan, hingga tabung oksigen di fasilitas medis makin menipis.

Selain terkait tradisi mudik, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.