Pesan Wali Kota Kediri Jelang Idulfitri 1442 H: Saya Berharap Sosialisasi Dilaksanakan Secara Masif
Wali Kota Kediri, Jatim, Abdullah Abu Bakar. (FOTO ANTARA/Asmaul Chusna)

Bagikan:

KEDIRI – Semua pihak diminta tetap waspada menjelang Idulfitri 1442 Hijriah/2021 Masehi. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta agar selalu melakukan sosialisasi penerapan prokes. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 yang diikuti dengan adanya kebijakan larangan mudik Lebaran.

"Kebijakan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi terjadinya lonjakan pertambahan angka penyebaran COVID-19 karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya setiap ada libur panjang mengakibatkan bertambahnya angka penyebaran COVID-19. Termasuk pada libur Lebaran tahun 2020 serta libur Natal dan Tahun Baru yang lalu," ucapnya di Kediri, Jawa Timur, dikutip dari Antara, Selasa, 27 April.

Jelang Idulfitri 1442 H, Pemkot Kediri Sediakan Puluhan Tempat Karantina

Walko Kediri juga memberikan dukungannya secara penuh kepada kebijakan yang dikeluarkan Polda Jatim, salah satunya berupa Operasi Keselamatan Semeru 2021 mulai tanggal 12 sampai dengan 25 April 2021 untuk mensosialisasikan larangan mudik Lebaran 2021.

"Saya berharap sosialisasi kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara masif sampai tingkat lingkungan RT/RW. Hal ini membutuhkan kolaborasi baik dari Polres Kediri Kota, Kodim 0809 maupun pemerintah daerah. Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kecamatan dan Kelurahan harus aktif menyampaikan imbauan larangan mudik dan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam koridor PPKM mikro," ujarnya.

Wali Kota juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tempat karantina yang tersebar di 46 kelurahan. Ruangan tersebut digunakan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tanah Air karena kontraknya berakhir.

"Kami siapkan ruang-ruang karantina di PPKM mikro. Selain itu di Jatim juga banyak penyekatan-penyekatan. Mudah-mudahan ini bisa mengantisipasi. Kami sebagai pejabat daerah dan pemangku kebijakan di Kota Kediri ini ingin penyebaran COVID-19 tidak signifikan. Jadi mau tidak mau kita menahan diri untuk tidak mudik," ucapnya.

Selain terkait Idulfitri 1442 H, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.