Museum W.R. Soepratman dan Lima Museum di Surabaya Lainnya Mulai Dibuka, Tiket Dijual Daring
Wisata sejarah di Surabaya (Foto: istimewa)

Bagikan:

Surabaya – Enam museum di Surabaya, Jawa Timur kembali dibuka. Pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Dilansir dari Antara, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, mengatakan bahwa keenam museum bersejarah itu adalah Museum H.O.S. Tjokroaminoto, Museum Dr Soetomo, Museum Pendidikan, Museum Surabaya, Museum W.R. Soepratman, Museum Sepuluh Nopember dan area Lapangan Tugu Pahlawan.

"Pembukaan museum sebenarnya sudah dilakukan sejak Selasa (20/4), dan kami pastikan pembukaan museum tetap menerapkan prokes ketat," kata Febri di Surabaya.

Pembukaan Museum di Surabaya Mendapat Asesmen dari Satgas

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya juga telah membuat beberapa regulasi yang tertuang dalam standar operasional prosedur (SOP) pembukaan museum tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke museum bisa melakukan pemesanan tiket secara online. Pemesanan bisa dilakukan melalui laman https://tiketwisata.surabaya.go.id. Di laman tersebut pengunjung bisa menentukan waktu yang tersedia.

Patut diketahui bahwa masing-masing museum punya kapasitas pengunjung yang berbeda. Hal itu disesuaikan dengan luas area museum tersebut.

Febri mencontohkan, ketika pengunjung masuk ke area Lapangan Tugu Pahlawan, petugas akan menanyakan tujuan pengunjung tersebut; apakah ingin ke lapangan atau ke Museum Sepuluh Novembernya?. Pihak pengelola akan memberikan waktu selama 30 menit kepada pengunjung untuk mengelilingi museum.

Dengan begitu pengunjung bisa menikmati museum tanpa mengabaikan prokes. Pembukaan museum sendiri telah mendapat asesmen dari Satgas COVID-19.

"Jadi kita sudah mendapatkan persetujuan dari satgas COVID-19 Kota Surabaya," ucapnya lagi.

Selain terkait pembukaan museum di Surabaya, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.