Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Bulan Mei 2021, Bisa Dilihat dari Indonesia?
Ilustrasi Gerhana Bulan Total (id.wikipedia.org)

Bagikan:

SURABAYA – Fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi bulan Mei 2021 ini, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 26. Sebagai informasi, fenomena alam ini terakhir kali terjadi pada 21 Januari 2019.

Sedangkan tanggal 26 Mei nanti, durasi GBT cukup singkat yakni sekitar 15 menit. Namun untuk mencapai gerhana bulan secara total akan butuh waktu hingga 3 jam.

Dari laman Earth Sky dikatakan bahwa bulan purnama pada 26 Mei 2021 akan jadi bulan purnama paling dekat tahun ini. Fenomena yang juga dinamai dengan supermoon itu terakhir kali terjadi pada 28 September 2015.

Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan di Indonesia

Gerhana bulan total ini bisa dinikmati dari Barat Amerika Utara, Selatan dan Barat Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Selandia Baru, Australia, dan Asia Tenggara.

Mengutip Time and Date, wilayah di Indonesia yang bisa menikmati gerhana bulan total ini adalah Jakarta, yakni sejak Bulan mulai terbit pada pukul 17.40.17 WIB. Penampakan Bulan secara penuh akan terjadi pada pukul 18.11.286 WIB.

Sebagai informasi, gerhana bulan total adalah posisi saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga menutupi Bulan dengan bayangannya. Saat ini terjadi, Bulan dapat berubah warna menjadi merah. Dari sini julukan Bulan Darah disematkan pada peristiwa GBT.

Gerhana bulan total juga disebut frnomena antariksa langka karena fenomena ini hanya terjadi ketika bulan purnama atau ketika bulan berhadapan dengan matahari di langit Bumi.

Selain terkait gerhana bulan total, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.