Korban Banjir Bandang di Kota Batu Sementara: 2 Orang Meninggal, 6 Orang Masih Hilang
Evakuasi korban banjing bandang di Kota Batu (Foto: dokumentasi BNPB)

Bagikan:

SURABAYA - Bencana banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur menyebabkan banyak rumah rusak. Banjir yang terjadi sejak hari Kamis, 4 November itu juga menelan korban jiwa. 

"Per Jumat pukul 06.00 WIB, jumlah korban jiwa meninggal dunia menjadi 2 orang. Sedangkan 5 orang ditemukan dalam kondisi selamat dan 6 orang yang dilaporkan hilang masih dalam pencarian," ujar Plt. Kapusdstinkom Kebencanaan BNPB Abdil Muhari dalam keterangannya, Jumat, 5 November.

Enam Desa Terdampak Banjir Bandang di Kota Batu

Setidaknya ada enam desa di Kecamatan Bumiaji yang terdampak banjir bandang, yakni Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, Desa Sido Mulyo dan Desa Punten.

Adapun kerusakan material yang disebabkan banjir bandang ini adalah 17 unit rumah rusak, 28 sepeda motor rusak, 3 unit mobil rusak, 8 ekor hewan ternak hanyut terseret derasnya arus sungai, dan 6 kandang hewan ternak rusak berat.

Penanganan Banjir Bandang di Kota Batu

Abdul Muhari menuturkan, saat ini tim gabungan dari BPBD Kota Batu, Basarnas, PMI, TNI, Polri dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait terus melakukan proses upaya percepatan penanganan bencana banjir bandang.

Penanganan tim gabungan difokuskan pada pencarian, pertolongan, dan pembersihan sisa material lumpur juga puing-puing lainnya.

"Tim gabungan lainnya juga telah mengupayakan tempat pengungsian berikut distribusi logistik bagi para warga terdampak banjir bandang. Adapun kondisi cuaca di lokasi dilaporkan cerah berawan," jelasnya.