Jenderal Andika Perkasa Resmi Jadi Panglima TNI Menggantikan Marsekal Hadi
Suasana sidang paripurna di DPR RI (Foto: Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

SURABAYA - Jenderal Andika Perkasa akhirnya mendapat restu dari DPR RI yang dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo  sebagai Panglima TNI. Jenderal Andika sendiri dicalonkan pada pekan lalu.

Dalam laporannya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa Komisi I DPR  sudah melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI pada Sabtu, 6 November lalu. Di dalamnya Jenderal Andika Perkasa memaparkan visi-misi menjadi Panglima TNI.

Jenderal Andika Perkasa Gantikan Marsekal Hadi

Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan pengambilan keputusuan yaitu menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi atas dedikasinya selama memimpin TNI.

Kedua, memberikan persetujuan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Laporan tersebut kemudian ditanyakan untuk diambil keputusan paripurna. 

"Apakah laporan Komisi I DPR tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi dan persetujuan Jenderal Andika sebagai calon Panglima TNI dapat disetujui," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Senin, 8 November.

Setelah itu, seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna tersebut secara virtual dan fisik menyatakan setuju Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Dilanjutkan foto bersama.