Keturunan PKI Kini Boleh Ikut Seleksi TNI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (dok. Puspen TNI AD)

Bagikan:

SURABAYA - Keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI) kini diperbolehkan mengikuti proses rekrutmen atau seleksi penerimaan prajurit TNI. Pembolehan keturunan PKI untuk ikut pendaftaran TNI ditegaskan secara langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Keturunan PKI Boleh Ikut Seleksi TNI

Penegasan tersebut disampaikan oleh Panglima Andika dalam rapat penerimaan prajurit TNI meliputi Taruna Akademi TNI, Perwira Prajurit Karier TNI, Bintara Prajurit Karier TNI dan Tamtama Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2022. Rapat itu dihadiri Kasum TNI, Irjen TNI dan Dankodiklat TNI.

Pada mulanya, Jenderal Andika Perkasa mendengarkan penjelasan terkait mekanisme penerimaan prajurit TNI yang diawali dari test mental ideologi, psikologi, akademik, kesamaptaan jasmani, hingga kesehatan.

Andika Minta Penjelasan

Hingga sampai penjelasan tentang rekrutmen penerimaan prajurit TNI, Panglima Andika meminta penjelasan detail.

"Kami melaporkan untuk seleksi mental ideologi, atau penelitian personel. Mohon izin soal pertanyaan uraian rekrutmen," ujar salah satu anggota rapat melaporkan kepada Panglima Andika, dikutip dari akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Mana daftarnya, kita bahas aja langsung satu per satu, sehingga kita ini bisa perbaiki gitu lho," timpal Panglima Andika.

"Oke nomor 4 yang akan dinilai apa, kalau dia ada keturunan apa?" tanya Panglima Andika.

"Itu berarti gagal, apa bentuknya apa, dasar hukumnya apa?" tanya Panglima Andika.

"Izin, TAP MPRS Nomor 25," ujar anggota itu kembali menjawab.

Penjelasan TAP MPRS 25 Tahun 1966 

Panglima Andika kemudian meminta anggota TNI tersebut menjelaskan lebih detail terkait TAP MPRS 25 Tahun 1966 yang disebutkannya. Termasuk larangan yang terdapat dalam aturan tersebut.

"Yang dilarang dalam TAP MPRS nomor 25. Satu komunisme, ajaran komunisme, organisasi komunis maupun organisasi underbow dari komunis tahun 65," jelas sang anggota.

"Yakin ini? Cari, buka internet sekarang. Yang lain saya kasih tahu nih, TAP MPRS Nomor 25 Tahun 66. Menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang, tidak ada kata-kata underbow segala macam, menyatakan Komunisme, Leninisme, Marxisme sebagai ajaran terlarang. Itu isinya," jawab Panglima Andika.

Larangan Harus Jelas Hukumnya

Panglima Andika meminta agar bentuk larangan harus jelas dasar hukumnya. Dia menegaskan dalam seleksi penerimaan prajurit TNI tidak ada dasar hukumnya, keturunan PKI mendapat pelarangan.

"Ini adalah dasar hukum, ini legal, tapi tadi yang dilarang itu PKI. Kedua adalah ajaran komunisme Marxisme, Leninisme. Itu yang tertulis. Keturunan ini melanggar TAP MPRS apa, melanggar apa dasar hukum apa, apa yang dilanggar sama dia," ujar Panglima Andika.

Tes Renang Dihapus

Anggota TNI tersebut lantas menyetujui pernyataan Panglima Andika terkait dasar hukum sekaligus perubahan mekanisme seleksi penerimaan prajurit TNI.

"Jadi jangan mengada-ada. Saya orang yang patuh peraturan perundangan. Inget ini. Kalau kita melarang, pastikan kita punya dasar hukum. Zaman saya tidak ada lagi keturunan dari apa [PKI] tidak, karena apa? Saya menggunakan dasar hukum. Oke!" tegasnya.

Selain mengizinkan keturunan PKI mengikuti proses seleksi penerimaan prajurit TNI, Panglima TNI Andika juga menghapus tes renang dalam seleksi kesamaptaan jasmani poin ketangkasan, dan dalam bidang akademik pengambilan nilai calon peserta berdasarkan transkrip nilai ijazah pendidikan terakhir.

Artikel ini telah tayang dengan judul Panglima Andika Hapus Tes Renang dan Perbolehkan Keturunan PKI Ikut Seleksi Prajurit TNI.