Jenderal TNI Andika Perkasa Bolehkan Keluarga PKI Daftar Prajurit TNI, Mantan Kabais: Saya Jamin Tidak Akan Pernah Bisa Lolos
Prajurit TNI (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Belum lama ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan bahwa keturunan dari keluarga yang terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) boleh mengikuti proses rekrutmen sebagai prajurit TNI.

PKI Daftar Prajurit TNI

Atas hal tersebut, Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Laksamana Muda (Purn) Soleman Ponto mengatakan bahwa memang dari awal tak ada larangan khusus pendaftaran keturunan PKI sebagai anggota TNI.

"Kan, Panglima menyatakan bahwa anak turunan PKI boleh mendaftar ikut tes masuk anggota TNI. Kalau hanya ikut tes, ya boleh-boleh saja," kata Soleman dalam pesan singkat, Senin, 4 April.

Akan tetapi, Soleman memprediksi bahwa keturunan PKI tak pernah bisa lolos dalam seleksi prajurit TNI. Ia menegaskan bahwa keturunan PKI pasti masih mendapat pengaruh paham komunis dari keluarganya.

"Saya jamin tidak akan pernah bisa lolos (sebagai tentara). Karena, sebagai anak keturunan PKI selalu tidak terhindarkan adanya keterpengaruhan (paham komunisme)," ungkap Soleman.

Pengukuran Ideologi Angota TNI

Terlebih pula, sistem perekrutan prajurit TNI telah memiliki pengukuran yang jelas untuk menilai adanya keterpengaruhan dari ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan telah dilarang negara.

"TNI punya alat ukur untuk menilai keterpengaruhan ini. Maka, laksanakan saja (sistem perekrutan) apa yang sudah dilakukan selama ini. Tidak perlu ditibutkan karena semuanya sudah dilaksanakan dengan konsisten," urainya.

Anggota PKI Sebagai TNI

Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengingatkan jajarannya keturunan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak boleh jadi alasan menggagalkan calon prajurit dalam proses seleksi.

Andika menerangkan, jika panitia seleksi menggagalkan calon prajurit karena alasan keturunan PKI maka itu keputusan yang tidak punya dasar hukum. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini meminta jajarannya panitia seleksi penerimaan prajurit TNI 2022 menghapus pertanyaan yang menanyakan hubungan kekerabatan calon prajurit dengan PKI.

Artikel ini telah tayang dengan judul Keturunan PKI Boleh Daftar TNI, Eks Kabais: Saya Jamin Tak Pernah Bisa Lolos!

Selain terkait prajurit TNI, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.