Survei Indopol: Korupsi, Penanganan Pengangguran, dan Kemiskinan di Era Pemerintahan Jokowi Dapat Rapor Merah
Ilustrasi pemerintahan Jokowi (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

SURABAYA - Era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dinilai kurang memuaskan. Bahkan mereka mendapat rapor merah di beberapa bidang yakni terkait pemberantasan korupsi hingga kemiskinan. Rapor merah pemerintahan Jokowi didapat dari hasil jajak pendapat Indopol Survey and Consulting yang dilaksanakan sejak 19-27 November.

"Rapor merah pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di mata publik dalam hal pemberantasan korupsi, penanganan pengangguran, dan kemiskinan," ujar Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto yang dikutip dari keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin, 13 Desember.

Lima Bidang Pemerintahan Jokowi yang Diapresiasi

Ratno mengatakan, meski ada tiga bidang yang mendapat rapor merah, pemerintah tetap mendapat apresiasi positif di lima bidang.

Pertama, terkait adanya toleransi kehidupan beragama yang dinilai terjaga di era Jokowi. Selain itu adalah karena ketersediaan BBM dan listrik. Ketiga dalam hal penanganan pandemi COVID-19. Keempat, apresiasi diberikan masyarakat karena pelayanan publik yang baik.

Terakhir, apresiasi masyarakat muncul karena pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin banyak membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, air bersih, dan berbagai infrastruktur lainnya.

Angka Kepuasan Kinerja Jokowi dan Maruf Amin

Dengan demikian, angka kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin saat ini berada di angka 60,5 persen dengan penilaian cukup puas dan sangat puas.

"Nilai kepuasan ini terkonfirmasi dengan penilaian publik terhadap kesesuaian janji politik Jokowi Ma'ruf Amin pada saat kampanye yakni sebesar 54,79 persen dan penilaian publik terhadap keberhasilan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang biasa saja sebesar 38,78 persen dan yang berpendapat sudah bagus sebesar 32,36 persen," ungkapnya.

Survei Libatkan Ribuan Responden

Lembaga survei ini melibatkan 1.230 responden dengan margin of error hampir kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ribuan responden yang ikut dalam jajak pendapat ini berusia 17 tahun atau sudah menikah dengan metode multistage random sampling. Mereka dipilih secara acak menggunakan KishGrid.

Terkait