Kemenag Salurkan Bantuan dari Donasi ASN ke Korban Erupsi Gunung Semeru Sejumlah Rp1 Miliar
Penyerahan bantuan untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru. (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Bantuan sebesar Rp1 miliar diserahkan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bantuan tersebut dihimpun dari donasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan diserahkan kepada korban melalui Kementerian Agama.

Bantuan untuk Erupsi Gunung Semeru 

Dalam kesempatan tersebut, penyerahan dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersamaan dengan pembukaan rangkaian kegiatan menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 yang berlangsung di Lapangan Kantor Kementerian Agama, Jakarta, dilansir Antara, Kamis, 16 Desember.

"Dalam pembukaan rangkaian kegiatan HAB ke-76, kita juga memberikan bantuan buat saudara-saudara kita korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang," kata Menag Yaqut.

Bantuan yang berasal dari keluarga besar Kemenag ini akan diserahkan Ketua Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana Kementerian Agama Fesal Musaad kepada Tim Satgas Bencana Pemkab Lumajang.

Data Korban Erupsi Gunung Semeru 

Berdasarkan informasi dari Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, korban meninggal dari erupsi Gunung Semeru berjumlah 43 orang. Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, terdiri atas 32 orang luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

"Mudah-mudahan amal jariyah bapak dan ibu sekalian bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Lumajang sekaligus menjadi amal saleh kita semua dan menjadi catatan baik bahwa kita memberikan perhatian kepada saudara kita yang tertimpa musibah," kata Yaqut.