Tingkat Kedisiplinan Pengelola Mal di Surabaya Terhadap Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Menurun
Aplikasi PeduliLindungi (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Tingkat kedisiplinan pengelola mal di Kota Pahlawan, Jawa Timur terhadap penggunaan aplikasi PeduliLindungi dinilai menurun. Hal ini dikemukakan oleh Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Surabaya.

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Jatim

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Josiah Michael menilai, menjelang tahun baru biasanya pusat perbelanjaan akan dibanjiri oleh masyarakat yang berkunjung ke mal.

“Untuk itu, pengelola mal dan petugas pintu masuk mal harus benar-benar menjalankan prokes ketat, seperti halnya calon pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk mal,” ucapnya, dikutip Antara, Kamis, 23 Desember.

Josiah mengatakan, saat berkunjung ke salah satu mal terbesar di Surabaya, banyak pengunjung yang kesulitan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sayangnya mereka justru mempersilahkan pengunjung masuk mal.

“Akibatnya di dalam mal, pengunjung membludak,” ujar legislator PSI ini.

Petugas Mal Harus Perketat Penjagaan

Untuk itu, lanjut dia, petugas mal harus ketat terhadap calon pengunjung, terlebih saat menjelang tahun baru sudah pasti warga Surabaya akan datang ke mal.

“Kami minta petugas meningkatkan keamanan prokes calon pengunjung mal, jelang pergantian tahun,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mendesak Pemkot Surabaya untuk meningkatkan keamanan hingga dua kali lipat dari hari biasanya.

Pentingnya Keamanan Kota

Menurutnya, sebagian besar jamaah Kristiani sudah menjalankan ibadah Natal sebelum tanggal 25 Desember 2021. Hal ini dikarenakan pemerintah pusat sebelumnya akan menerapkan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru, namun akhirnya dibatalkan.

“Jadi saat ini terpenting keamanan di malam tahun baru 2022,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, keamanan dalam kota perlu ditingkatkan lagi karena pihaknya tidak ingin terulang insiden teror keamanan.