Anak Perempuan Penderita Lumpuh Otak di Surabaya Dipastikan Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis
Ilustrasi fasilitas kesehatan untuk anak penderita lumpuh otak di Surabaya (PIXABAY)

Bagikan:

SURABAYA - Anak perempuan penderita lumpuh otak di Surabaya,  ISM (13 tahun), warga Putat Jaya Barat, Kota Surabaya, Jawa Timur dipastikan akan mendapat pelayanan kesehatan gratis. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat mengunjungi ISM di kediamannya.

"Saya mengajak agar semua lurah hingga camat memahami permasalahan yang ada di wilayahnya. Untuk kejadian ini, kami akan mengupayakan kursi roda dan bantuan makanan," kata Armuji di Surabaya dikutip Antara, Kamis, 23 Desember.

Anak penderita lumpuh otak di Surabaya Dapat Faskes Gratis

Armuji menjelaskan bahwa putri dari pasangan Agus Triyono dan Ni'matus Sholihah itu mengalami kelainan otak sejak usia enam tahun. Armuji juga memastikan bahwa mereka sudah terdaftar dalam basis data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan Peserta Jaminan Kesehatan Semesta.

Meski saat ini sudah mendapat intervensi program bantuan sosial, kata Armuji, pendampingan dari Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Surabaya tetap dibutuhkan. Dengan begitu keluarga termotivasi untuk menjalani hidup.

Pemkot Surabaya beri pendampingan kesehatan

Selain itu Armuji juga memberikan jaminan bahwa Pemkot Surabaya akan memberikan pendampingan kesehatan.

"Segera nanti dokter akan meluncur untuk melakukan cek kesehatan. Saya harap peran RT/ RW dan tetangga bisa ditingkatkan dalam untuk melakukan fasilitasi apabila terjadi kejadian serupa," katanya.

Saat mengunjungi anak lumpuh otak itu, mantan Ketua DPRD Kota Surabaya dua periode itu, memberikan tali asih kepada keluarga ISM untuk tambahan modal toko kelontong.