Persediaan Vaksin Booster di Surabaya Habis, Vaksin Sinovac Masih Tersedia
Ilustrasi vaksin booster di Surabaya (antara)

Bagikan:

SURABAYA - Persediaan vaksin booster di Surabaya habis. Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur masih menunggu tambahan pasokan vaksin COVID-19 untuk booster atau penguat dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Vaksin Booster di Surabaya Tahap Pertama

Penambahan vaksin dilakukan sebagai tindak lanjut pemberian tambahan dosis vaksin bagi warga yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19.

"Artinya ini (stok vaksin) sudah habis, karena untuk booster hanya bisa jenis vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca. Untuk vaksin booster, ketersediaan masih menunggu dropping alokasi dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, dilansir Antara, Minggu, 16 Januari.

"Kalau hari ini terkirim lagi maka kita bisa lakukan vaksinasi pada Hari Senin," ia menambahkan.

Eri Cahyadi menjelaskan, vaksinasi booster tahap pertama dikhususkan untuk warga lanjut usia di Kota Surabaya. Di kota tersebut tercatat 80.747 warga lanjut usia yang jadi sasaran vaksinasi penguat.

"Pelaksanaan vaksinasi booster untuk masyarakat umum masih menunggu surat edaran resmi dan petunjuk teknis dari Kemenkes," kata Wali Kota.

Stok Vaksin Sinovac Masih Ada

Dia mengatakan bahwa pada Sabtu, 15 Januari stok vaksin buatan Pfizer untuk vaksinasi booster tinggal 2.000 dosis dan semuanya sudah digunakan.

"Stok yang masih ada adalah jenis vaksin Sinovac untuk vaksinasi dosis satu dan dua," katanya.

Wali Kota mengatakan bahwa masih ada 11.000 dosis vaksin Sinovac untuk pelayanan vaksinasi dosis pertama dan kedua bagi warga Kota Surabaya.