Sejumlah Taman di Surabaya Ditutup untuk Antisipasi Omicron, Ini Dia Daftarnya
Ilustrasi salah satu taman di Surabaya (FOTO ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Kota memutuskan untuk kembali menutup delapan taman di Surabaya, Jawa Timur. Penutupan tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 varian baru Omicron di tersebut.

Taman di Surabaya Dibuka Hanya untuk Edukasi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Hebi Agus Djuniantoro menjelaskan, penutupan terhadap delapan taman dimulai pada pekan ini.

Ia menjelaskan bahwa pada hari Senin–Jumat, taman tetap buka seperti biasa, hanya saja diperuntukkan bagi kegiatan edukasi. 

"Sementara Sabtu dan Minggu ditutup dulu. Kalau untuk keperluan edukasi tetap dibuka, karena kan tatap muka masih berlangsung dan ada beberapa anak SD dan SMP yang membutuhkan pembelajaran di lapangan. Kalau untuk fungsi rekreasi ditahan dulu," katanya dikutip Antara, Minggu, 30 Januari.

Daftar Taman di Surabaya yang Ditutup

Sedangkan taman yang ditutup yakni Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Kebun Bibit, Taman Prestasi dan Taman Ekspresi.

Tak hanya menutup taman, Pemkot Surabaya juga meniadakan car free day (CFD) untuk sementara waktu. CFD yang ditutup itu di antaranya di Jalan Kertajaya dan Jalan Kembang Jepun.

CFD Ditiadakan

Terkait penutupan taman dan CFD, ia belum bisa memastikan kapan bisa dibuka kembali untuk sarana wisata taman dan berolah raga ketika CFD.

"Sebenarnya, output dari CFD itu untuk mengurangi polusi udara. Tapi yang terjadi ketika CFD masyarakat kumpul-kumpul, maka kami menunda dulu CFD-nya, sampai dengan waktu yang ditentukan dan Omicron mereda," katanya.

Ia memastikan, penutupan taman dan CFD ini tidak terlalu berdampak dengan pemulihan ekonomi di Kota Surabaya.

"Kalau Omicron perkembangannya tidak terlalu signifikan, nanti kami buka lagi. Yang paling penting, jangan sampai mengganggu pertumbuhan ekonomi, kalau ingin olahraga masyarakat bisa memanfaatkan Gelora Pancasila," ujar Hebi Agus Djuniantoro.

Artikel ini telah tayang dengan judul 8 Taman di Surabaya Kembali Ditutup Guna Antisipasi Omicron.