Lembaga Surveri: Ganjar Capres Terkuat di Jatim
Ganjar Pranowo (Antara

Bagikan:

SURABAYA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo jadi capres terkuat di Jawa Timur. Hal ini didasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Charta Politika. Tak hanya di Jawa Timur, Ganjar juga jadi capres terkuat di Lampung.

Ganjar Pranowo Unggul di Jatim dan Lampung

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menjelaskan, responden mendapat pertanyaa; Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini.

"Pada simulasi 10 nama calon presiden, Ganjar Pranowo 24,9 persen mendapatkan elektabilitas tertinggi di Jawa Timur, sedangkan di urutan kedua ada Prabowo Subianto 16,4 persen, sementara sebanyak 15,1 persen masyarakat memilih Anies Baswedan," kata dia, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 16 Maret.

Ganjar unggul di Provinsi Lampung dengan elektabilitas mencapai 27,1 persen. Selain itu ada pula Prabowo Subianto yang nilainya mencapai 26,8 persen dan berada di urutan kedua. Sedangkan Anies Baswedan mendapat 19,1 persen dan mengantarkannya di urutan ketiga.

Prabowo di Urutan Kedua

Sementara di Jawa Barat, Prabowo Subianto masih menjadi calon presiden unggulan warga sunda dengan elektabilitas 24,0 mengalahkan Gajnar Pranowo.

"Namun di Jawa Barat, Ganjar Pranowo memperoleh 12 persen. Artinya mampu menyaingi tiga kandidat lain seperti Prabowo Subianto 24.0 persen, Ridwan Kamil 20,9 persen, lalu Anies Baswedan 18 persen," kata Yunarto.

Riset preferensi sosial dan politik masyarakat dilakukan di tiga provinsi yaitu Lampung 27 Januari-2 Februari 2022 dan Jawa Timur serta Jawa Barat, 3-9 Februari 2022.

Jumlah Responden

Survei itu menggunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen secara tatap muka melalui kuisioner terstruktur.

Jumlah sampel di Jawa Timur sebanyak 1.210 responden, Lampung 800 responden, dan Jawa Barat 1.200 responden. Sementara, margin of error di Jawa Timur kurang lebih 2.82 persen, Lampung kurang lebih 3.46 persen, dan Jawa Barat 2.83 persen.

Artikel ini telah tayang dengan judul Survei Charta Politika: Ganjar Capres Terkuat di Jatim dan Lampung, Prabowo Menang di Jabar.