Angin Kencang di Wonocolo Surabaya Rubuhkan Rumah Warga, Wawalkot Armuji Langsung Usulkan Rehabilitasi
Rumah Sulastri yang diterpa angin kencang (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Angin kencang yang terjadi di Jalan Margorejo Masjid, Kelurahan Margorejo, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur menyebabkan rumah rubuh. Rumah tersebut dimiliki oleh Sulastri.

"Ini kondisinya berbahaya, sementara anggota keluarga dievakuasi dahulu sambil kami usulkan untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni," ucap Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat mendatangi rumah warga yang ambruk itu di Surabaya dikutip Antara, Selasa, 22 Maret.

Angin Kencang Rubuhkan Rumah Warga

Ia menjelaskan bahwa empat orang penghuni rumah semua dalam kondisi selamat. Menurutnya, rumah Sulastri tidak kuat menahan terpaan angin kencang dengan kondisi atap rumah yang lapuk.

Armuji juga mengatakan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya sudah ambil langkah sigap dengan mengirimkan bantuan sementara berupa terpal, sembako, dan makanan untuk Sulastri sekeluarga dalam tujuh hari ke depan.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar lurah dan camat di Surabaya sigap terhadap potensi rumah tidak layak yang rawan ambruk sehingga tidak menimbulkan korban jiwa jika terjadi bencana.

Sulastri Sekeluarga Diungsikan

Dia juga mengimbau agar setiap lurah dan camat memiliki peta risiko rumah rawan ambruk di wilayah kerjanya, sehingga bisa melakukan langkah pencegahan dan tindakan cepat.

Sulastri yang juga sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengatakan, saat ini suaminya Slamet Wibowo yang menderita stroke sejak tahun 2017 harus diamankan ke rumah kerabatnya yang tidak jauh dari rumahnya.

"Ini kami bersihkan antisipasi kalau nanti ada yang roboh lagi. Sementara bapak di rumah orang tua dan anak-anak tidur di luar," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wakil Walkot Surabaya Armuji Gerak Cepat Tangani Rumah Ambruk Diterpa Angin Kencang di Wonocolo.

Selain terkait angin kencang, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.