Kasus TBC di Jatim Jadi yang Tertinggi Ketiga, Gubernur Khofifah Targetkan Eliminasi TBC 2030
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Kasus TBC di Jatim mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia ingin agar kasus TBC di wilayahnya turun. Pasalnya, Jatim berada di posisi ketiga dalam kasus tertinggi TBC nasional.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini, Investasi untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa. Mari satukan tekad dan perkuat inovasi dalam rangka mencapai eliminasi TBC 2030," kata Khofifah, Rabu, 24 Maret.

Tingginya Kasus TBC di Jatim

Jumlah penderita TBC di Jawa Timur tercatat sebanyak 43.268 jiwa pada tahun 2021 yang kemudian menjadi tertinggi ketiga nasional. Sedangkan tertinggi pertama adalah Jawa Barat, yakni sebanyak 93.626 kasus. Kasus TBC tertinggi kedua adalah Jawa Tengah 44.203 kasus TBC.

"Peringatan Hari TBC Sedunia ini merupakan momen yang tepat untuk mendorong semua pihak agar terlibat aktif dalam pencegahan dan pengendalian TBC. TBC bisa dicegah dan diobati. Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter jika merasakan gejala TBC," ujarnya.

Keberhasilan Pengobatan TBC

Menurut Khofifah, angka keberhasilan pengobatan kasus TBC per kabupaten/kota di Jatim mencapai 89,12 persen dari target 90 persen pada 2021. 

Angka keberhasilan itu masih terus didorong, karena sebanyak 53 persen kabupaten/kota belum mampu mencapai 90 persen keberhasilan pengobatan. 

"Terus meningkatkan angka keberhasilan pengobatan TBC sangat penting. Karena kasus TBC yang tidak tuntas pengobatan tentu dapat memicu meningkatnya kasus TBC resisten obat," katanya.

Pengobatan TBC

Untuk itu, Khofifah menekankan pentingnya keterlibatan multisektor untuk memutus transmisi penularan dan menuju eliminasi TBC 2030.

"Pelibatan multisektor dalam penemuan dan pengobatan penderita TBC serta terapi pencegahan menjadi upaya prioritas untuk dilakukan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kasus TBC di Jatim Tertinggi Ketiga Nasional, Khofifah Bertekad Jatim Capai Eliminasi TBC di Tahun 2030.

Selain terkait kasus TBC di Jatim, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.