Persiapan Mudik Lebaran 2022: Polri Siap Gelar Operasi Ketupat
Koordinasi persiapan mudik Lebaran 2022 (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang mudik Lebaran 2022, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pengamanan.

"Saya meminta seluruh Polri serta jajaran yang bertugas agar mempersiapkan pengamanan pada masing-masing tugasnya," jelasnya saat mengumpulkan direktur lalu lintas Polri seluruh Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional di Surabaya dilansir Antara, Kamis, 24 Maret.

Persiapan Mudik Lebaran 2022 Dilakukan

Polri juga siap mengawal pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2022 dengan menggelar "Operasi Ketupat 2022". Setelah rakornas selesai, Firman meminta agar persiapan menyambut mudik dilakukan, mulai dari dari persiapan masyarakat yang akan mudik hingga penyiapan informasi.

"Hari ini sengaja dikumpulkan para direktur-direktur pelaksana khususnya direktur lalu lintas yang akan ditindaklanjuti oleh mereka kepada jajaran di lapangan," ucap dia.

"Hal-hal mulai dari penyiapan, yaitu penyiapan informasi, penyiapan masyarakat yang akan mudik, dan kendaraan yang akan digunakan, sampai pada penyiapan kita selaku petugas yang akan ditugaskan," kata Firman.

Presiden Perbolehkan Masyarakat Mudik

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan mudik atau pulang kampung pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022 diperbolehkan asalkan pemudik sudah mendapat dosis pertama dan kedua serta dosis penguat (booster) vaksin COVID-19.

Presiden juga mengingatkan setiap aktivitas dalam mudik harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 ketat.

Apresiasi untuk Kepolisian

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pihak kepolisian dalam menjalankan tugasnya di lapangan dapat dilihat pada saat momentum Lebaran dan hari raya lainnya.

"Kegiatan-kegiatan momentum Lebaran seperti ini memang sangat berat dan kemudian pada akhirnya kami mengapresiasi bagaimana kerja pihak kepolisian di lapangan untuk menjalankan komitmen," tuturnya.

Pemudik Diharapkan Vaksin Ketiga

Budi berharap masyarakat yang ingin melaksanakan mudik Lebaran untuk melakukan vaksin ketiga sehingga mempermudah pihak kepolisian dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Dengan demikian, diharapkan apa yang diperintahkan Pak Presiden nanti mempermudah tugas-tugas kepolisian, terutama dari perhubungan untuk menjalankan tugas di lapangan," kata Budi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kakorlantas Perintahkan Jajaran Siapkan Pengamanan Mudik Lebaran 2022.

Selain terkait mudik lebaran 2022, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.