Harga Pertamax Dikabarkan Naik, Pertamina Masih Tentukan Besarannya
Ilustrasi harga pertamax (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Harga pertamax dikabarkan naik. Kenaikan harga BBM RON 92 Pertamax ini akan berlaku per April nanti hingga Rp16.000/liter. 

Berdasarkan informasi dari Kementerian ESDM, harga keekonomian Pertamax mencapai Rp14.500 per liter. Sedangkan saat ini Pertamina masih menjual pertamax di angka Rp9.000.

Harga Pertamax Masih Dikaji

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah mengkaji penyesuaian harga BBM Pertamax.

"Kami masih review penyesuaian harganya, termasuk besarannya," ujar Irto melalui pesan singkat kepada VOI, Kamis, 31 Maret.

Irto menambahkan, pihaknya terus memantau perkembangan harga minyak dunia sekaligus daya beli masyarakat agar bisa disesuaikan dengan harga jual Pertamax.

"Kami tetap mempertimbangkan perkembangan minyak dunia dan juga daya beli masyarakat," lanjut Irto singkat.

Keputusan Belum Final

Terkait kemungkinan menaikkan harga pertamax, Irto enggan memberikan jawaban lantaran belum mendapat keputusan final terkait kenaikan harga BBM.

Sebelumnya, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI pada Senin 28 Maret yang lalu, Direktur Utama Nicke Widyawati mengatakan Pertamax bukan bahan bakar subsidi dan dikonsumsi oleh kalangan mampu.

"Karena Pertamax itu bukan untuk masyarakat miskin. Porsinya hanya 20 persen dari penjualan BBM,” ujar Nicke.

Pemerintah Naikan Harga Pertamax

Sementara itu Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah telah merogoh kocek hinggapuluhan triliun untuk subsidi BBM. Di sisi lain, Erick Thohir juga memohon maaf karena pemerintah akan menaikkan harga BBM jenis Pertamax dalam waktu dekat ini.

"Tidak mungkin dalam kondisi ekonomi seperti hari ini pemerintah hanya mengandalkan pajak, akhirnya perlu ada dividen. Dividen ini yang dipakai untuk program subsidi BBM masih berjalan, ya ini pemerintah sudah memutuskan Pertalite dijadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik ya mohon maaf, tapi Pertalite tetap subsidi," ujarnya saat memberikan kuliah umum di Universitas Hasanudin Makassar, Rabu, 30 Maret.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dikabarkan Bakal Menaikkan Harga Pertamax, Pertamina: Belum Final, Harga Minyak Dunia dan Daya Beli Masyarakat Jadi Pertimbangan.