Terminal Purabaya Surabaya Bakal Dikelola Kemenhub
Penyerahan Terminal Purabaya Surabaya ke Kemenhub (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Pengelolaan Terminal Tipe A Purabaya akan diserahkan Pemkot Surabaya kepada Kemenhub. Prosesi penyerahan Terminal Purbaya Surabaya ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian dan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Daerah di Balai Kota Surabaya.

"Semoga sinergi ini terus berjalan, supaya pengelolaan terminal ini tidak melebihi muatan dari sisi penanganan dan terdapat sinergitas pelayanan, baik angkutan umum lintas batas dan antarkota provinsi (AKAP) atau angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP)," kata Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan saat serah terima Terminal Purabaya dilansir Antara, Kamis, 31 Maret.

Penyerahan Terminal Purabaya Surabaya

Ia menjelaskan bahwa penyerahan Terminal Tipe A Purabaya kepada Kementerian Perhubungan RI akan membuat pengelolaan keuangan makin efektif. 

Hendro juga mejelaskan bahwa penyerahan Barang Milik Daerah (BMD) itu dilakukan sesuai dengan aturan dan kebutuhan pengelolaan pemerintah pusat, yakni kebutuhan tempat transportasi darat Terminal Tipe A Purabaya yang ada di Kota Surabaya.

Menurut dia, penyediaan terminal sebagai salah satu upaya untuk memindahkan minat masyarakat terhadap penggunaan moda transportasi umum. Apalagi, menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

"Kami berharap, Pemkot Surabaya bisa terus bersinergi dengan Kemenhub dalam penyediaan moda transportasi, di antaranya dengan pendekatan aplikasi. Serta menjadikan terminal sebagai tempat berkumpul dan melakukan aktivitas ekonomi bagi masyarakat, seperti wisata kuliner maupun wisata belanja lainnya," ujar dia.

Masukan Tetap Dibutuhkan

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Marta Hardisarwono mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya, atas kelancaran koordinasi dalam rangka penyelesaian peralihan BMD Terminal Tipe A Purabaya.

Nantinya, kata dia, setelah Terminal Tipe A Purabaya dikelola, pihaknya berharap tetap mendapat masukan dari Perangkat Daerah (PD) terkait.

"Khususnya hal-hal penting apa saja untuk mempersiapkan Terminal Purabaya. Sebab, kami harus segera mempersiapkan sumber daya manusia (SDM). Sebelumnya, kami telah mengirim para petugas untuk melakukan analisis dan sebagainya di Terminal Tipe A Purabaya selama 3 bulan," kata Marta.

Perbaikan Terminal

Marta mengaku, dalam waktu dekat Terminal Tipe A Purabaya akan melakukan berbagai perbaikan, dengan menerjunkan Tim Excellent Services, yang diharapkan bisa menata kembali pelayanan dan fasilitas di dalam terminal. Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan melakukan efisiensi SDM, sesuai dengan analisa beban kerja.

"Kami bentuk Tim Excellent Service di Surabaya, supaya pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Di dalam tim tersebut, salah satunya ada pengelola hotel dan mal besar di Jakarta, terkait bagaimana tingkat manajerial yang dibutuhkan di Terminal Tipe A Surabaya," ujar dia. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemkot Surabaya Serahkan Pengelolaan Terminal Purabaya ke Kemenhub.

Selain terkait Terminal Purabaya Surabaya, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.