Tinjau Pelaksanaan Mudik di Terminal Purbaya, Kapolri Sigit Minta Sopir Bus Jalani Tes Kesehatan dan Alkohol
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polri)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang mudik Lebaran Idulfitri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar para sopir bus untuk melakukan tes kesehatan dan alkohol sebelum berkendara. Hal itu dilakukan demi keselamatan pemudik yang menggunakan jasa bus Antar Kota Antar Provisi (AKAP).

Kapolri Sigit di Terminal Purabaya

Pernyataan Kapolri itu disampaikan saat melakukan peninjauan pelaksanaan mudik di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 27 April.

"Bagi pengemudi atau sopir dilaksanakan tes masalah urine dan menggunakan alkohol atau tidak. Ini dilakukan agar saat membawa penumpang, kita yakin sopir dalam keadaan sehat dan prima untuk membawa penumpang yang jaraknya cukup jauh antar kota juga provinsi yang memerlukan kondisi prima," kata Sigit dikutip dari keterangan tertulis Divisi Humas Polri.

Sigit mengingatkan agar pengelola terminal dan pihak terkait memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak mudik. Misalnya memastikan bus yang akan digunakan dalam kondisi layak.

Terjadi Peningkatan Penumpang

Dalam kunjungannya, Kapolri menyebut dari data yang ada, saat ini sudah terjadi peningkatan penumpang di terminal jika dibandingkan dengan minggu lalu.

"Kalau kita lihat secara data untuk perkembangan masyarakat di data terminal, ada peningkatan dibanding minggu lalu dan kemungkinan akan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir ini," ungkap Sigit.

Kesiapan Gerai Vaksin

Tak lupa, dalam kunjungannya Kapolri juga melihat kesiapan gerai vaksin. Sigit berharap masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis III atau booster untuk memanfaatkannya.

"Harapan kita masyarakat yang mudik dan bertemu keluarga semuanya dalam kondisi sehat, imunitas kuat, agar pasca-Idulfitri kita bisa tetap menjaga agar laju COVID-19 khususnya di Surabaya bisa dijaga," kata Sigit.