Puluhan Supir Bus di Terminal Purabaya Ikuti Tes Urin, Polresta Sidoarjo Pilih Acak
Tes urine kepada sopir bus di Terminal Purabaya Surabaya (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang momen mudik Lebaran 2022/ Idul Fitri 2022, puluhan sopir bus di Terminal Purabaya Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur ikuti tes urin. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba saat mudi nanti.

Tes Urin Supir Bus di Terminal Purabaya

Tes urine sendiri digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Sidoarjo kepada puluhan pengemudi bus yang dipilih secara acak di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Senin 25 April.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, ada puluhan sopir dari berbagai PO yang terpilih untuk dilakukan tes urine di lokasi.

"Dari 50 sopir yang dites secara acak, hasil tes urine semua negatif,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro dikutip Antara.

Tujuan Tes Urin

Ia mengatakan pelaksanaan tes urine tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama masa mudik Lebaran yang diakibatkan dari kelalaian sopir bus mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang.

"Sehingga diharapkan kondisi sopir saat mengendarai bus selalu terpantau sehat dan penumpang aman dan nyaman," jelasnya.

Ia mengatakan tes urine bagi sopir bus di kawasan Terminal Purabaya Bungurasih akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga sehingga mudik lebaran berlangsung aman nyaman dan lancar.

"Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, kami akan langsung memanggil PO bus agar diminta mengistirahatkan sopir atau kondektur yang terindikasi positif. Sementara yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satresnarkoba Polresta Sidoarjo," katanya.

Penggencaran Vaksinasi

Selain melakukan tes urine, pihaknya juga memasifkan pelaksanaan vaksinasi penguat kepada calon penumpang yang ingin menggunakan jasa angkutan bus.

"Vaksinasi akan terus kami lakukan supaya penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa dicegah dengan menciptakan kekebalan komunal," ujarnya.