Antisipasi Tawuran di Surabaya, Patroli Petugas Gabungan DIgelar Malam Hari
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Surabaya, Eddy Christijanto. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

Bagikan:

SURABAYA - Demi mencegah tawuran di Surabaya, Jawa Timur, Satuan Polisi Pamong Praja Kota (Satpol PP) Surabaya menggandeng TNI dan Polri menggelar patroli keamanan gabungan mengungat tawuran antarremaja kerap terjadi.

"Sesuai arahan bapak wali kota, Satpol PP diminta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencegah tawuran remaja," ucap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Surabaya, Eddy Christijanto, dikutip Antara, Senin, 4 April.

BACA JUGA:


Mencegah Tawuran di Surabaya

Patroli sendiri dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 23.00 WIB, yang dilakukan oleh Satpol PP bersama tim gabungan Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Ada pula patroli khusus yang dilakukan Tim Asuhan Rembulan Satpol PP yang dimulai pada pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Eddy menilai, pencegahan tawuran tidak hanya dilakukan dengan melakukan patroli, namun juga membuat surat edaran kepada camat dan lurah yang isinya adalah meminta patroli tiga pilar di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melibatkan tokoh masyarakat, RT/RW, tokoh agama, takmir masjid dan organisasi seperti NU atau Muhammadiyah guna mencegah anak-anak beraktivitas hal-hal yang melanggar aturan.

Beri Arahan kepada Remaja

Eddy menjelaskan, Tim Asuhan Rembulan yang telah dibentuk akan memberikan arahan kepada remaja atau anak-anak yang nekat keluar pada saat malam hari.

Pengarahan itu, kata dia, akan dilakukan secara humanis dengan cara bagi-bagi sahur gratis selama operasi berlangsung, setelah itu Tim Asuhan Rembulan diminta untuk pulang. 

"Nanti kami ajak makan sahur gratis sembari kita edukasi, kemudian kami arahkan pulang," ujar Eddy.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cegah Tawuran, Patroli Pengamanan Gabungan Digelar di Surabaya.

Selain terkait tawuran di Surabaya, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.